Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang
Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan sebagian wilayah Sulawesi Tenggara berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie dalam keterangan tertulis Humas BMKG Sultra, Senin mengatakan sebanyak delapan daerah berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat di Sultra.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Buton Utara dan Kota Kendari," katanya.

Faizal menjelaskan di Kabupaten Kolaka, potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Wolo, Samaturu, Iwoimendaa dapat meluas ke Wundulako, Kolaka, dan Latambaga.

Selanjutnya di Kabupaten Kolaka Timur, potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Tirawuta, Lalolae, Mowewe, Tinondo, Ueesi yang dapat meluas ke Kecamatan Uluiwoi. Kemudian di Kabupaten Kolaka Utara potensi hujan dapat mengguyur Kecamatan Lasusua, Pakue, Rante Angin, Kodeoha, Ngapa, Wawo, Lambai, Watunohu, Pakue Tengah, Pakue Utara, Katoi, dan Tiwu.

Baca juga: BMKG ungkap penyebab sering hujan di Gorontalo saat musim kemarau
Baca juga: BMKG prakirakan sebagian Indonesia berawan

Kemudian di Kabupaten Konawe, potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Abuki, Soropia, Tongauna, Anggaberi, Meluhu, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Padangguni, Tongauna Utara.

"Dapat meluas ke Kecamatan Lambuya, Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Sampara, Latoma, Puriala, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Amonggedo, Asinua, Konawe, Onembute, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, dan Anggotoa," jelas dia.

Di Kabupaten Konawe Selatan, potensi hujan juga dapat mengguyur wilayah Kecamatan Landono, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Mowila, Moramo Utara, Wolasi, Laeya, Baito, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, dan Sabulakoa yang dapat meluas ke Angata, Palangga, Lainea, dan Buke.

Lalu, di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Asera, Wiwirano, Langgikima, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Wawolesea, Lasolo Kepulauan, Landawe,

"Di Kabupaten Buton Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur wilayah Kecamatan Wakorumba Utara," jelas dia.

Potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di Kota Kendari di Kecamatan Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Kambu, Nambo yang dapat meluas ke Puuwatu.

BMKG Sultra mengimbau agar masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Baca juga: BMKG jelaskan sebab musim kemarau masih terdapat hujan

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022