pengukuhan pada hari ini mampu menginspirasi para dosen lainnya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Rektor II Universitas Negeri Jakarta Prof Dr Agus Dudung R MPd dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Kejuruan di Jakarta, Senin.
 
"Kami mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Prof Dr Agus Dudung atas kontribusi keilmuan dan pencapaian jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan, " ujar Rektor UNJ, Prof Komarudin.
 
Dia berharap dengan pengukuhan tersebut dapat menginspirasi dan menghasilkan karya-karya akademik terbaik yang dapat membawa kemaslahatan bagi UNJ, masyarakat, bangsa dan negara, serta kemanusiaan.
 
“Semoga pengukuhan pada hari ini mampu menginspirasi para dosen lainnya, khususnya para dosen Fakultas Teknik untuk segera menjadi guru besar, membangun budaya akademik yang tinggi, dan memacu publikasi ilmiah untuk mendukung peningkatan prestasi dan reputasi UNJ, " imbuh Rektor UNJ.

Baca juga: UNJ selenggarakan konferensi pendidikan internasional
 
Dalam orasi ilmiahnya yang mengangkat judul “Prestasi Lulusan Mahasiswa: Perspektif Peran Three–E (E-Readiness, E-Learning dan E-Book)”, Agus Dudung menegaskan pentingnya pendidikan dalam perkembangan teknologi informasi secara berkelanjutan.
 
Three-E merupakan pembelajaran elektronik yang memanfaatkan paket informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
 
"Penggunaan teknologi informasi Three-E sebagai media pembelajaran bertujuan untuk menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien," kata Agus.
 
Dalam penerapannya Three-E dapat mempermudah proses pembelajaran, membentuk kebiasaan positif, melahirkan inovasi, kreativitas, dan kemandirian. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa Three-E berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi lulusan.
 
Ketua Senat UNJ, Prof Hafidz Abbas, mengatakan dengan dukungan lingkungan akademik yang kondusif dari kepemimpinan Rektor UNJ saat ini, terdapat 73 guru besar yang sudah dikukuhkan.
 
"Terdapat 18 calon guru besar yang akan dikukuhkan. Bahkan mungkin kita bisa memiliki 100 bahkan lebih guru besar yang ada di UNJ, " kata Hafidz. 

Baca juga: UNJ kukuhkan dua guru besar Fakultas Ilmu Sosial

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022