Santunan ini harus digunakan dengan baik meskipun nilai ini tidak sebanding dengan rasa kehilangan anak ...
Palu (ANTARA) -
Bupati Nduga, Provinsi Papua, Wentius Imiangge memberikan uang duka kepada keluarga korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua masing-masing Rp400 juta.
 
"Santunan ini harus digunakan dengan baik meskipun nilai ini tidak sebanding dengan rasa kehilangan anak bagi keluarga almarhum," kata Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Nduga Ance Marjun Moomin Gwinangge saat menghadiri pemakaman jenazah M. Ismaun, salah seorang korban KKB, di Palu, Senin.
 
Ia menjelaskan sejak dilepas Pemerintah Kabupaten Nduga di Timika, seluruh korban yang meninggal dunia telah dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.
 
M. Ismaun di Papua bertugas sebagai sopir keluarga Bupati Nduga. Ia biasanya mengantar Bupati maupun Ketua TP-PKK setempat melaksanakan kegiatan pemerintahan.
 
"Kami tidak menyangka peristiwa ini terjadi. Kami turut berbelasungkawa atas kepergian almarhum," ujar Ance yang juga istri Bupati Nduga.
Sejumlah kerabat berada di dekat jenazah M. Ismaun, korban penembakan KKB Papua di rumah duka di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (17/7/2022). Ismaun merupakan salah seorang dari delapan korban penembakan oleh KKB Papua yang tiba di Palu. Jenazah dikebumikan di pemakaman keluarga pada Senin (18/7/2022). ANTARA /Mohamad Hamzah
Hidayat, kerabat M. Ismaun, mengemukakan, dari informasi yang diperoleh, almarhum sempat terlibat adu mulut dengan kelompok KKB Papua.
 
"Ada luka di tangan almarhum seperti luka menahan serangan benda tajam, dan menurut laporan setelah bisa ditangkis serangan itu, almarhum ditembak pada bagian dada sebelah kanan," ungkap Hidayat.
 
Ia menuturkan peristiwa nahas itu terjadi bermula ketika Ismaun mengantarkan sejumlah tokoh agama untuk mengikuti rangkaian kegiatan di daerah. Akan tetapi, di tengah perjalanan mobil yang dikemudikan korban dicegat oleh kelompok KKB.
 
"Laporan kami terima, sekitar delapan korban dalam peristiwa itu," kata Hidayat menambahkan.
 
Jenazah Ismaun tiba di Bandar Mutiara Sis Al-Jufri pada Minggu petang Pukul 17.00 WITA menggunakan pesawat terbang Lion Air nomor penerbangan JT 854 dan langsung dijemput keluarga untuk dibawa ke rumah duka di Jalan Tanjung Angin, Palu.

Baca juga: Jenazah korban penembakan KKB Papua tiba di Palu

Baca juga: Isak tangis keluarga di Palu jemput jenazah korban penembakan KKB

Pewarta: Mohamad Ridwan/Muhammad Izfaldi
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022