Saya tidak ingin para Babinsa beli baju sendiri makanya kami akan menyiapkan baju empat set ...
Jambi (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berjanji meningkatkan kesejahteraan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi permasalahan masyarakat.

"Saya segera mengusulkan peningkatan kesejahteraan para Babinsa di seluruh Indonesia, agar mereka bisa menjadi garda terdepan yang tangguh di masa mendatang," kata Kasad di hadapan 900 Babinsa se-Provinsi Jambi di Jambi, Senin.

Salah satu upaya Kasad menyejahterakan Babinsa adalah dengan menambah kelengkapan seragam, antara lain, dengan memberikan empat set baju lapangan. Selama ini para Babinsa membeli baju lapangan sendiri.

"Saya tidak ingin para Babinsa beli baju sendiri makanya kami akan menyiapkan baju empat set untuk para Babinsa, kemudian perumahan dan kendaraan untuk mereka yang bertugas di lapangan," katanya.

Babinsa, menurut dia, adalah pintu gerbang TNI karena mereka di garda depan, berhadapan langsung dengan masyarakat. Mereka memiliki daya juang tinggi dan semangat  nasionalisme yang tidak luntur dan itulah yang menjadi modal utama Babinsa.

"Makanya, saya ingin menyejahterakan para Babinsa," kata Kasad menegaskan.

Khusus untuk Babinsa di Jambi, katanya, mereka bisa mengawasi program ketahanan pangan.

Babinsa juga punya tugas pokok melapor dengan cepat atas perkembangan kelompok radikal bekerja sama dengan Bhabinkantibmas (Polri).

Kasad mengingatkan, jangan sampai rakyat menduduki istana seperti di luar negeri. Babinsa yang berperan membantu keamanan negara, kataya, kegiatannya harus berdampak positif bagi masyarakat.

Di Jambi, Kasad memberikan penghargaan kepada Babinsa berprestasi berupa satu sepeda motor kepada Sertu Thamrin Babinsa Koramil 420-03/Pauh, Kodim 042/Sarko atas dedikasi membina Suku Anak Dalam di Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Baca juga: Bintara Otsus diminta jadi motivator pembangunan di Papua

Baca juga: Kasad: Babinsa harus hadir di tengah kesulitan masyarakat




 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022