Jakarta (ANTARA) - Harga cabai rawit merah, cabai merah keriting dan cabai merah besar di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, stabil di kisaran harga Rp100.000 per kilogram setelah sempat mencapai harga Rp150.000 rupiah per kilogram pada Idul Adha 2022.

Seorang pedagang di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Irvan, mengatakan dirinya sempat memutuskan untuk tidak berjualan cabai selama Idul Adha karena harga yang terlalu tinggi dan minim pembeli.

"Cabai merah besar dan keriting melonjak saat Lebaran Haji itu sempat Rp150 ribu per kilogram, itu harga dari sana (Pasar Induk Kramat Jati). Nah saya mau jual berapa? Karena jarang yang mau, akhirnya saya sempat kosongkan. Saya lihat konsumennya juga, kalau konsumen enggak mau, saya juga bingung," kata Irvan di Pasar Jatinegara, Senin.

Irvan mengungkapkan harga cabai hari ini di kiosnya adalah Rp100.000 per kilogram untuk jenis cabai rawit merah, cabai merah besar dan cabai merah keriting. Sedangkan cabai rawit hijau dijualnya dengan harga Rp60 ribu per kilogram.

Dia mengatakan harga cabai secara umum sudah mulai turun, namun penurunannya tidak signifikan. "Sekarang sudah turun sedikit, tapi tidak banyak turunnya," ujarnya.

Hal senada disampaikan Mahmud, pedagang sayur mayur lainnya di Pasar Jatinegara. Dia mengatakan harga jual dagangannya, terutama cabai sangat bergantung pada harga di Pasar Induk Kramat Jati.

Dia juga menambahkan harga cabai dalam beberapa hari terakhir stagnan di kisaran Rp100 ribu per kilogram. "Kalau saya harganya tergantung harga di Pasar Induk (Kramat Jati). Harganya tidak banyak pergerakan, sudah beberapa hari harganya di kisaran Rp100 per kilogram," ujar Mahmud.

Pedagang sayur mayur lainnya di Pasar Jatinegara, Rahmat juga memberi harga yang sama untuk barang dagangannya. Di lapaknya, cabai rawit merah, cabai merah keriting dan cabai merah besar juga berada di harga Rp100 ribu per kilogram.

"Sekarang sudah turun di banding beberapa hari lalu yang harganya sempat mencapai 130 ribu per kilogram," ujarnya.

Menurut data dari situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta infopangan.jakarta.go.id, harga rata-rata komoditas cabai rawit merah di Jakarta per 18 Juni 2022 adalah Rp98.045 per kilogram dengan harga tertinggi Rp130 ribu per kilogram di Pasar Rawamangun dan harga terendah Rp 110.000 per kilogram di Pasar Koja Baru, Klender SS, Cengkareng, Ciplak dan Pal Meriam.

Sedangkan harga cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati per hari ini adalah Rp60 ribu per kilogram. Harga komoditas cabai rawit merah di Jakarta hingga pertengahan Juli 2022 sempat menyentuh harga terendah Rp70 ribu dan tertinggi Rp150 ribu.

Kemudian harga cabai merah keriting di Jakarta per hari ini, dilansir dari situs Info Pangan Jakarta, adalah rata-rata Rp 100.133 per kilogram, dengan harga tertinggi Rp130 ribu per kilogram di Pasar Pluit dan harga terendah Rp75 ribu per kilogram di Pasar Kalideres.

Harga cabai merah keriting di Pasar Induk Kramat Jati per hari ini adalah Rp70 ribu per kilogram. Selanjutnya, harga cabai merah keriting hingga pertengahan Juli 2022 di Jakarta sempat menyentuh angka terendah Rp70 ribu dan harga tertinggi Rp150 ribu.

Sedangkan harga rata-rata cabai merah besar di Jakarta per hari ini adalah Rp106.050 per kilogram dengan harga tertinggi Rp130 ribu per kilogram di Pasar Mayestik dan harga terendah Rp 60 ribu per kilogram di Pasar Pondok Labu. Adapun harga cabai merah besar di Pasar Induk Kramat Jati hari ini adalah Rp85 ribu per kilogram.

Baca juga: Pasokan melimpah, harga cabai mulai turun ke Rp80.000 per kg
Baca juga: Harga cabai merah di Aceh turun jadi Rp60 ribu per Kg

 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022