Jakarta (ANTARA) - Penjualan album K-pop mencapai level tertinggi sepanjang masa pada paruh pertama tahun ini, menurut keterangan dari Circle Chart, perusahaan pelacak penjualan dan streaming di Korea Selatan pada Minggu (17/7) waktu setempat.

Baca juga: Album solo J-Hope BTS kuasai tangga lagu iTunes di 49 negara

Kepala Peneliti Circle Chart Kim Jin-woo mengatakan penjualan gabungan dari 400 album fisik teratas di Korea Selatan telah meningkat menjadi 34,9 juta kopi di paruh pertama, naik 34,6 persen dari tahun lalu. Pencapaian tersebut menunjukkan angka penjualan semester pertama tertinggi sepanjang masa.

Penjualan paruh pertama album fisik telah meningkat dari 10,48 juta pada 2018 menjadi 12,93 juta pada 2019. Kemudian jumlahnya naik tajam setelah pandemi COVID-19 dimulai menjadi 18,36 juta pada 2020 dan menjadi 25,96 juta tahun lalu.

Berdasarkan artis, BTS menduduki puncak daftar jumlah album yang terjual di paruh pertama tahun ini dengan 4,52 juta kopi. Penjualan terbanyak diikuti oleh NCT Dream dengan 3,98 juta kopi, Seventeen dengan 2,72 juta kopi, Tomorrow X Together dengan 2,10 juta kopi, Stray Kids dengan 2,07 juta kopi, dan Lim Young-woong dengan 1,14 juta kopi.

Album antologi BTS "Proof" merupakan album yang paling banyak terjual dengan sekitar 2,96 juta kopi. Selain itu, 17 album grup itu sebelumnya, seperti "BE" dan "Butter", juga masih laris. Selain album baru BTS, album penuh keempat Seventeen "Face the Sun" juga meraih pencapaian yang baik dengan terjual 2,37 juta kopi.

"Sebanyak delapan grup atau penyanyi memiliki album yang terjual lebih dari satu juta kopi di paruh pertama,” kata Kim dikutip dari Yonhap pada Selasa.

Circle Chart juga secara terpisah menyediakan data penjualan album di pasar luar Korea Selatan. Album "Face the Sun" dari Seventeen secara total terjual lebih dari 1,4 juta kopi pada 27 Mei atau tepat pada hari peluncuran, dengan sekitar 73 persen atau 10,32 juta kopi terjual di luar negara itu.

Album studio kedua NCT Dream "Glitch Mode" telah terjual sebanyak 745.522 eksemplar atau 95,4 persen dari total penjualan hari pertama pada 28 Mei di luar Korsel.

Penggemar di luar Korsel dinilai memiliki pengaruh besar, ditandai dengan pencapaian BTS dan Stray Kids yang menduduki puncak tangga album utama Billboard 200 pada paruh pertama tahun ini, diikuti oleh Tomorrow X Together yang memulai debutnya di posisi keempat dan Nayeon TWICE di posisi ketujuh.

Pengaruh besar yang disumbangkan oleh penggemar di luar Korsel juga ditandai pada jumlah penayangan video di platform YouTube, yang dianggap sebagai ukuran penting lainnya untuk mengukur popularitas artis K-pop.

Merujuk pada statistik YouTube menunjukkan bahwa hampir setengah dari 10 negara teratas dengan penayangan video YouTube BTS yang tinggi selama setahun terakhir adalah negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia (nomor lima), Filipina (nomor tujuh), Thailand (nomor sembilan), dan Vietnam (nomor sepuluh).


Baca juga: ITZY rilis EP baru "Checkmate" hari ini

Baca juga: aespa cetak rekor penjualan album girl grup pada pekan pertama

Baca juga: Viviz siap bersaing di tangga lagu K-pop lewat EP kedua

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022