Prosesi penyambutan Presiden José Ramos-Horta akan ditutup jamuan santap siang kenegaraan.
Bogor (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Manuel Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Presiden José Manuel Ramos-Horta tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 9.54 WIB. Kehadiran Presiden Timor Leste di Istana Kepresidenan Bogor disambut dengan rangkaian upacara penyambutan resmi kenegaraan.

Kedatangannya memasuki Istana Bogor dikawal barisan pasukan marching band, pasukan berkuda, dan pasukan yang mengenakan baju adat Indonesia.

Presiden José Ramos-Horta disambut langsung oleh Presiden Jokowi di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Prosesi penyambutan dilanjutkan dengan upacara kenegaraan yakni diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara serta 21 dentuman meriam, kemudian pemimpin kedua negara memperkenalkan delegasi masing-masing yang ikut mendampingi.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden disebutkan bahwa setelah itu Presiden Jokowi akan mengajak Presiden José Ramos-Horta menuju Ruang Teratai untuk melakukan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu.

Presiden Jokowi mengajak Presiden José Ramos-Horta melakukan penanam pohon di halaman belakang Istana Bogor sebelum keduanya melakukan perbincangan santai di beranda belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Selanjutnya, kedua pemimpin akan melakukan pertemuan tatap muka, melakukan pertemuan bilateral, menyaksikan penandatanganan naskah nota kesepahaman, dan melakukan pernyataan pers bersama.

Prosesi penyambutan Presiden José Ramos-Horta akan ditutup jamuan santap siang kenegaraan.

Kunjungan Presiden José Ramos-Horta ke Indonesia ini merupakan yang pertama sejak dilantik sebagai Presiden Republik Demokratik Timor Leste pada tanggal 20 Mei 2022, atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Timor Leste.

Presiden RI Joko Widodo sebelumnya menugasi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD untuk menghadiri pelantikan Presiden José Ramos-Horta di Dili sekaligus menyerahkan surat ucapan selamat dari Presiden RI Joko Widodo atas pelantikan José Ramos-Horta sebagai presiden kelima Republik Demokratik Timor Leste periode 2022—2027.

Baca juga: Ramos-Horta resmi menjadi Presiden Timor Leste
Baca juga: Jose Ramos Horta ingin perkuat hubungan subregional dengan NTT

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022