Presiden José Ramos-Horta direncanakan berada di Indonesia selama 8 hari.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia dan Timor Leste sepakat menandatangani empat nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dari sektor pertanian, perhubungan, hingga perdagangan.

Penandatanganan tersebut saat Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Manuel Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Berdasarkan keterangan yang disaksikan melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, delegasi dari masing-masing negara akan menandatangani empat nota kesepahaman, yakni pada bidang pertanian, pergerakan lintas batas bus, standardisasi dan metrologi, serta kerja sama teknis pada bidang perdagangan.

Adapun delegasi yang hadir dari Indonesia, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Hadir pula Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik, dan Direktur Asia Timur dan Pasifik Kemenlu Santo Darmosumarto.

Sementara itu, delegasi dari Timor Leste yang mendampingi Presiden José Ramos-Horta, yakni Menteri Luar Negeri dan Kerja sama Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno, Menteri Transportasi dan Komunikasi José Agustinho da Silva, Menteri Pertanian dan Perikanan Pedro dos Reis, serta Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Filomeno Aleixo da Cruz.

Presiden José Ramos-Horta tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 9.54 WIB. Kehadiran Presiden Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor disambut dengan rangkaian upacara penyambutan resmi kenegaraan.

Kedatangannya memasuki Istana Bogor dikawal barisan pasukan marching band, pasukan berkuda, dan pasukan yang mengenakan baju adat Indonesia.

Presiden José Ramos-Horta kemudian disambut langsung oleh Presiden Jokowi di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam rangkaian kegiatan penerimaan tamu negara, Presiden Jokowi turut mengajak Presiden José Ramos-Horta melakukan penanaman pohon.

Saat ini kedua pemimpin negara masih melakukan perbincangan santai di beranda belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Presiden José Ramos-Horta direncanakan berada di Indonesia selama 8 hari. Sebelum tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Timor Leste beserta rombongan terlebih dahulu mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk melaksanakan peletakan karangan bunga.

Baca juga: Jokowi terima kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste di Bogor
Baca juga: Jokowi dan Jose Ramos-Horta tanam Pohon Gaharu bersama di Istana Bogor

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022