Bogor (ANTARA) - Indonesia dan Timor-Leste membahas penguatan hubungan bilateral dalam pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste Jose Ramos-Horta beserta delegasi kedua negara di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Dalam pertemuan pleno ini secara khusus saya ingin membahas penguatan kerja sama bilateral khususnya bidang ekonomi," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada pertemuan bilateral Indonesia dengan Timor-Leste di Ruang Oval, Istana Kepresidenan Bogor, Selasa.

Presiden Jokowi pada kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat datang kepada Presiden Ramos-Horta dan delegasi.

Presiden menekankan Indonesia merasa terhormat bisa menerima kunjungan luar negeri pertama Ramos-Horta usai dilantik sebagai Presiden Republik Demokratik Timor-Leste 20 Mei 2022 lalu.

Baca juga: Jokowi dan Jose Ramos-Horta tanam Pohon Gaharu bersama di Istana Bogor

Selain membahas hubungan bilateral kedua negara, Indonesia dan Timor-Leste juga akan membahas isu kawasan secara singkat.

Sementara itu Presiden Ramos-Horta menyatakan kegembiraannya bisa berkunjung ke Indonesia di era kepemimpinan Presiden Jokowi.

Ramos-Horta pada kesempatan tersebut juga sempat mengungkapkan bahwa dirinya merupakan penggemar Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno.

"Saya fans besar Bung Karno," ujar Ramos-Horta.

Baca juga: Jokowi terima kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste di Bogor

Baca juga: RI dan Timor Leste teken empat MoU dari pertanian hingga perdagangan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022