Jakarta (ANTARA) - Pendiri serta direktris Akademi Montessori Haus Asia (MHA) Rosalyn Tamara mengatakan peran orang tua penting untuk mengenalkan anak bersekolah tatap muka secara langsung di era pandemi yang belum usai.

Seperti diketahui, pemerintah mulai menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di beberapa level pendidikan dan di berbagai wilayah Indonesia dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Pentingnya strategi pemberian MPASI yang baik guna cegah stunting

"Peran orang tua merupakan kunci yang perlu anak bawa saat akan bersekolah, mulai dari bagaimana mereka memilihkan sekolah bagi anak, mempersiapkan diri anak seperti perlengkapan yang sesuai, agar anak-anak tidak takut untuk bertemu dengan wajah-wajah serta lingkungan baru di luar keluarga," kata Rosalyn dalam keterangan pers Mothercare, Selasa.

Menurut Rosalyn, situasi ini sama seperti layaknya orang dewasa, dimana pertemuan pertama yang mengesankan akan membentuk mood yang baik dan berkelanjutan untuk dijalankan.

"Begitu pula bagi anak-anak saat hendak pertama kali masuk sekolah dan bersapa dengan teman-teman sebayanya, sehingga orang tua perlu dengan optimal menyiapkan yang anak butuhkan," ujar dia.

Model dan figur publik Kevin Liliana pun sependapat. Ia mengatakan persiapan kebutuhan sekolah tatap muka di tengah pandemi untuk anaknya juga menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi dia sebagai seorang ibu.

Liliana mengatakan dirinya ingin memberikan ajakan positif tersendiri bagi sang putri untuk menyambut masa sekolahnya.

"Aku mau menanamkan kesan seru untuk pertama kali mulai belajar, bertemu teman-teman baru, guru-guru, serta rutinitas yang berbeda dari di rumah," kata Miss International 2017 tersebut.

Baca juga: Kiat buat suasana makan bersama anak makin menyenangkan
 
Produk perlengkapan sekolah Skip Hop dari Mothercare. (ANTARA/HO/Mothercare)

Sementara itu, Mothercare dan Modern Parent berkolaborasi dengan Skip Hop dan MHA mengajak para orang tua mendukung momen pertama belajar bagi anak, lewat program "Super Bekal" (Serunya Pertama Belajar dan Saling Kenal).

Mothercare pun turut menyediakan tas sekolah dan peralatan makan untuk bekal anak sekolah dari Skip Hop yang bisa didapatkan di seluruh gerai, laman web dan berbagai toko resmi Mothercare di e-commerce.

"Tidak sekadar hanya menyediakan perlengkapan sekolah, bersama Skip Hop, kami ingin memberikan pesan bahwa pentingnya peran serta orang tua untuk turun tangan memenuhi kebutuhan pertama anak saat akan masuk sekolah, bertemu dengan orang-orang serta lingkungan baru," kata General Marketing Manager Mothercare Indonesia Ingga Gloriana.

Baca juga: Rifat Sungkar sebut pentingnya "car seat" untuk keamanan anak di mobil

Baca juga: Pentingnya "car seat" bagi anak yang sesuai dengan usia

Baca juga: Momami luncurkan rangkaian produk baru untuk ibu hamil dan menyusui

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022