Semoga bisa menjadi pemantik buat yang lain
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) menyebar bantuan berupa gerobak bagi sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya.

Ketua Umum DPP IKA UII Syariffudin melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan bantuan tahap pertama sebanyak 50 gerobak untuk pelaku usaha di JS 24, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

"Selanjutnya bantuan gerobak akan kembali diserahkan secara bertahap," kata Syariffudin.

Pada kesempatan itu, Ketua Mahkamah Agung (MA) itu menyerahkan bantuan gerobak secara simbolis kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Syariffudin menuturkan bantuan gerobak sebagai bentuk manifestasi kepedulian dan bagian dari kegiatan bakti sosial IKA UII kepada pelaku UMKM di Jakarta.

Baca juga: Sudin PPKUKM Jaktim gelar bazar khusus UMKM di Klender

Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan mengapresiasi kegiatan IKA UII dan berharap menjadi pemicu bagi pihak lain untuk memberikan bantuan secara langsung kepada pelaku UMKM.

"Semoga bisa menjadi pemantik buat yang lain untuk ikut turun tangan, bukan sekedar urun angan," ujar Anies.

Sekretaris Jenderal IKA UII, Ari Yusuf Amir mengharapkan para alumni UII dapat berbuat banyak dan berkontribusi bagi pemberdayaan umat.

"Bagaimana yang telah diajarkan pendiri UII yang juga pendiri bangsa, bahwa tanggung jawab sosial keumatan sifatnya melekat pada setiap individu,” ucap Ari.

Ari mengingatkan pesan dari Sang Proklamator Mohammad Hatta soal keberadaan manusia di hadapan Allah SWT diukur dari kepekaan terhadap penderitaan dan kesulitan orang lain.

Baca juga: Gerai JOSS siap bantu wirausahawan di Jakarta Timur

Wakil Sekretaris II DPP IKA UII, Sugito Atmo Pawiro menambahkan IKA UII menjadi organisasi modern dengan memerankan keumatan.

IKA UII, diungkapkan Sugito berdiri sejak 8 Juli 1945 dengan jumlah anggota sebanyak 110.000 alumni di seluruh penjuru negeri dan luar negeri.

Sugito melanjutkan IKA UII juga telah memiliki 30 dewan pimpinan wilayah (DPW) di provinsi, satu DPW di luar negeri, yakni Australia, serta 39 dewan perwakilan daerah (DPD) di tingkat kota/kabupaten.

"Jumlah tersebut akan terus bertambah melihat antusiasme dari para alumni UII di seluruh penjuru negeri untuk membaktikan dirinya dalam berbagai kegiatan IKA UII," ucap Sugito.

Acara pemberian bantuan gerobak kepada pelaku UMKM di Jakarta dihadiri sejumlah pengurus DPP IKA UII, antara lain Wakil Ketua DPP IKA UII Erwin Moeslimin Singajuru, Wakil Sekretaris III Selly Suwignyo, dan Ketua Pelaksana Program Melky Aliandri.

Baca juga: Sudin PPKUKM Jaksel bantu UKM naik kelas melalui bimtek HAKI

Sebelumnya, IKA UII juga telah menggelar Peduli Penanggulangan COVID-19 dengan memberikan 6.500 paket alat pelindung diri dan vitamin untuk 65 rumah sakit dan 6.500 paket kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat terdampak COVID-19 di seluruh Indonesia.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022