Jakarta (ANTARA) - Mantan petenis nomor satu dunia Ashleigh Barty telah memupus harapan akan kembali ke olahraga profesional setelah adanya spekulasi bahwa atlet Australia itu bisa beralih ke golf.

Juara Grand Salam tiga kali berusia 25 tahun itu membuat dunia olahraga terkejut ketik menyatakan gantung raket Maret silam hanya beberapa pekan setelah menjadi orang Australia pertama yang menjuarai Australian Open dalam 44 tahun.

Barty malu-malu mengenai apa yang akan dilakukan selanjutnya, namun dia selalu menjadi pegolf mumpuni yang memenangi gelar putri Brookwater Golf Club dekat Brisbane pada 2020 dan bermain dalam eksibisi Icons Series di Amerika Serikat pada April.

Ini meningkatkan spekulasi bahwa atlet Australia multi-talenta yang juga pernah menjadi pemain kriket profesional itu bisa serius bermain golf.

Namun dalam wawancara dengan radio Melbourne Senin malam, dia menepis rumor tersebut dengan menyatakan tidak memainkan segala bentuk olahraga profesional lagi.

Baca juga: Pergi terlalu dini: Lima petenis besar yang pensiun di puncak karir

"Kalian tidak bisa menerima bahwa saya tidak ingin bermain olahraga profesional lagi," kata Barty dikutip AFP.

"Saya mencintai golf, ini hobi saya. Ini tidak akan menjadi profesi saya, saya tidak punya keinginan menjadikannya sebagai profesi saya tapi saya terlibat tanpa target sekali sepekan jika saya bisa.

"Tidak perlu, tidak ada keinginan bagi saya untuk memainkan olahraga profesional, khususnya golf. Saya menyukainya sebagai jalan-jalan bersama teman-teman wanita dan teman saya, tapi yah, bukan untuk saya."

Akhir tahun lalu Barty bertunangan dengan kekasihnya Garry Kissick dan sejak mundur dari tenis telah mengeluarkan serangkaian buku anak-anak 'Little Ash'.

"Mendukung pendidikan anak-anak adalah sesuatu yang saya sukai dan jika saya dapat membantu mendorong pembaca baru, itu akan membuat saya sangat bahagia," katanya bulan lalu.

Baca juga: Dunia tenis beri penghormatan kepada Barty yang pensiun di usia 25

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022