Simpang Empat,- (ANTARA) - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Barat membuka gerai vaksin booster di puskesmas yang ada di Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Kepala BIN Daerah Sumatera Barat (Sumbar) Hendra di Simpang Empat, Selasa, mengatakan pembukaan gerai itu dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo terkait pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Melalui gerai itu ia mengajak masyarakat Pasaman Barat untuk ikut dalam kegiatan vaksinasi booster. Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di seluruh puskesmas yang ada di Pasaman Barat.

Baca juga: BINDA gelar vaksinasi massal di empat kabupaten Sumbar

Menurut dia, ada tiga titik utama kegiatan vaksinasi booster yaitu Puskesmas Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo, Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Pasaman, dan Puskesmas Air Bangis Kecamatan Sungai Baremas.

"Selain tiga titik tersebut gerai vaksin direncanakan akan dilakukan di kantor-kantor Wali Nagari atau kepala desa dan di balai desa setempat," katanya.

Ia mengatakan, BIN bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dalam rangka percepatan vaksinasi COVID-19 baik dosis 1, 2, maupun booster untuk masyarakat Sumbar.

Baca juga: Binda Sumbar vaksinasi anak di sepuluh daerah

"Segala upaya ini dilakukan guna mencapai kekebalan kelompok di Sumatera Barat termasuk Pasaman Barat," katanya.

Menurut dia, BIN Daerah Sumbar akan terus berupaya mencapai kekebalan kelompok terhadap COVID-19 bagi seluruh masyarakat Provinsi Sumbar.

Sebelumnya BIN Daerah Sumbar juga telah melakukan vaksin di perusahaan kelapa sawit yang ada di Pasaman Barat.

Koordinator BIN Wilayah Pasaman Barat Edinson menambahkan upaya vaksin terus dilakukan di Pasaman Barat dengan melibatkan semua pihak.

Baca juga: BINDA Sumbar gaet lima ribu peserta vaksin di dua kabupaten

"Kami mengajak seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk ikut menyukseskan program pemerintah mencapai kekebalan kelompok dengan harapan dapat bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19 yang sedang terjadi di Indonesia," katanya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022