Jakarta (ANTARA) - Naomi Osaka akan memainkan turnamen pertamanya sejak Roland Garros awal bulan depan dalam Mubalada Silicon Valley Classic di San Jose, California.

Juara turnamen Grand Slam empat kali itu menerima wildcard untuk bertanding melawan juara Wimbledon Elena Rybakina, peringkat lima dunia Ons Jabeur, petenis remaja Amerika Coco Gauff dan juara US Open 2019 Bianca Andresscu.

Mubadala Silicon Valley Classic dimulai 1 Agustus di San Jose State University.
 

Dengan wildcard-nya, Osaka akan kembali ke tempat dia memulai kariernya. Osaka melakukan debut undian utama WTA dalam turnamen tersebut pada 2014 ketika acara tersebut diadakan di Universitas Stanford.

Baca juga: Ash Barty bantah akan berkarir sebagai pegolf

Osaka yang saat itu berusia 16 tahun berhasil melalui kualifikasi dan maju ke undian pertamanya. Di sana, Osaka mengamankan match point untuk mengalahkan Sam Stosur 4-6 7-6(7) 7-5.

Turnamen kali ini akan menjadi penampilan pertama Osaka sejak pindah ke San Jose.

"Kami sangat senang Naomi Osaka kembali ke Bay Area," kata direktur turnamen Vickie Gunnarsson dalam laman resmi WTA, Selasa.

"Dia membuat debut WTA-nya di acara kami dan melihatnya tumbuh baik di dalam maupun di luar lapangan sungguh luar biasa."

"Dia bukan hanya pemain yang luar biasa tetapi komitmennya terhadap kesetaraan dan perubahan sosial benar-benar menginspirasi," imbuhnya.

Mubadala Silicon Valley Classic memiliki sejarah sebagai acara inovatif. Didirikan bersama oleh Billie Jean King, turnamen tersebut merupakan acara pertama dari tur tenis profesional putri pada 1971 yang bersejarah, pendahulu dari WTA.

Dibuat untuk petenis putri oleh petenis putri, daftar juara turnamen sebelumnya adalah para legenda tenis termasuk Serena Williams, Lindsay Davenport, Billie Jean King, Chris Evert, Martina Navratilova, Andrea Jaeger, Monica Seles, Martina Hingis, Venus Williams dan Kim Clijsters.

Baca juga: Ons Jabeur disambut bak pahlawan di Tunisia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022