Sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW, sahabat, hingga sejarah peradaban Islam, masjid berperan secara instrumental dalam membangun komunitas. Bahkan saat Nabi hijrah ke Madinah, yang dilakukannya adalah membangun masjid
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyatakan masjid telah berfungsi secara fundamental dalam meningkatkan kualitas kehidupan umat Islam.

"Masjid telah berperan luar biasa dalam meningkatkan kualitas kesalehan umat," katanya dalam Konferensi Internasional Komunitas Masjid ASEAN 2022 di Jakarta, Rabu.

Ia menceritakan sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW, sahabat, hingga sejarah peradaban Islam, masjid berperan secara instrumental dalam membangun komunitas. Bahkan saat Nabi hijrah ke Madinah, yang dilakukannya adalah membangun masjid.

Indonesia memiliki kekuatan besar dalam membangun peradaban Islam modern. Hal itu ditandai dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Maka, menjadikan masjid sebagai pusat peradaban menjadi sebuah kewajiban.

"Kalau kita melihat stakeholder atau jamaah masjid sungguh sangat luar biasa," katanya.

Menurutnya masjid bukan hanya digunakan sebagai tempat ibadah wajib saja. Lewat masjid, umat harus bisa menyentuh dinamika sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat.

Di sisi lain, Kemenag mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang telah menggagas konferensi tersebut.

Menurutnya, pertemuan ini membentuk sebuah komunitas untuk berkontribusi sekaligus menciptakan warisan yang dirasakan oleh umat Islam.

"Kita bisa sharing pengalaman di berbagai wilayah dan negara untuk sama-sama menemukan formulasi yang produktif dan tepat demi kemajuan umat Islam," kata dia.

Dalam mewujudkan masjid sebagai pusat peradaban umat Islam, Kemenag telah membuat perpustakaan digital maupun offline yang dapat di akses oleh seluruh masjid di seluruh Indonesia.

"Kita juga bekerja sama dengan perpustakaan daerah di seluruh Indonesia, agar Perpusda kita dapat berkontribusi untuk memperbaiki perpustakaan secara fisik," demikian Kamaruddin Amin.

Baca juga: Jusuf Kalla ingin tingkatkan Ukhuwah Islamiyah di kawasan ASEAN

Baca juga: DMI siap gelar konferensi komunitas masjid se-ASEAN di Jakarta

Baca juga: Wamenag tegaskan fungsi masjid untuk pemberdayaan umat

Baca juga: Jusuf Kalla jelaskan peran DMI dihadapan Dubes negara anggota OKI

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022