Jakarta (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Regional Jawa Bagian Barat mengatakan masyarakat DKI Jakarta dan Bekasi yang memiliki kendaraan roda empat bisa melakukan registrasi pendafraran pada  MyPertamina secara daring atau mendatangi SPBU untuk pembelian Pertalite maupun Bio Solar.

"Saat ini baru pendaftaran untuk pemilik kendaraan roda empat di situs subsiditepat.mypertamina.com, selain itu juga bisa mendaftar di aplikasi mypertamina atau ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk dipandu cara pendaftarannya," ujar Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Konsumen menilai pendaftaran BBM bersubsidi perlu disederhanakan

Eko menuturkan pemilik kendaraan yang diwajibkan untuk mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id melalui aplikasi MyPertamina adalah pemilik kendaraan roda empat yang menggunakan BBM bersubsidi Pertalite atau Bio Solar.

Dua juga menambahkan bahwa saat ini pemilik kendaraan roda empat sedang dalam pendaftaran di web subsiditepat.mypertamina.id atau di aplikasi mypertamina atau datang ke SPBU untuk dipandu pendaftarannya

Eko mengimbau agar masyarakat DKI Jakarta dan Bekasi dapat segera melakukan registrasi MyPertamina.

"Semoga masyarakat dapat segera mendaftar agar penggunaan BBM Bersubsidi tepat sasaran," katanya.

Sebelumnya, Pertamina menegaskan pendaftaran pembelian bahan bakar minyak bersubsidi melalui platform digital MyPertamina hanya dikhususkan untuk pemilik kendaraan roda empat.

Baca juga: Pakar ITB sebut pendaftaran BBM subsidi mudah dan aman

Pada tahap ini, pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan kode QR yang akan diterima melalui notifikasi pada laman subsiditepat.mypertamina.id ataupun melalui surat elektronik.

Kode QR itu bisa dicetak dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa ponsel ke SPBU.

Pertamina membuka pendaftaran kendaraan dan identitas bagi para pemilik kendaraan terhitung mulai 1 Juli 2022 sampai 30 Juli 2022. Selama masa pendaftaran dan transisi, konsumen masih tetap bisa membeli Pertalite dan Bio Solar secara manual.

Baca juga: Ekonom: BBM subsidi dibatasi agar pengeluaran negara tak jebol

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022