Simalungun (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Salahuddin Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (20/7).

Saat kunjungan terkait kegiatan KTT Summit Women 20 (W20) di kota turis Parapat, Danau Toba, Sandiaga didampingi Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi dan Wakapolres Simalungun Komisaris Polisi Efianto SH.

Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit ini pun diresmikan sebagai 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan piagam.

Menparekraf menyampaikan rasa kagum dengan pemandangan dari Desa Wisata Kampung Warna Warni yang indah dan memiliki produk ekonomi kreatif.

Sandiaga pun berharap manfaat adanya desa wisata dapat langsung dirasakan masyarakat, bukan sekadar sebagai tempat berswafoto.

Wakil Bupati Zonny Waldi menyampaikan apresiasi dengan peresmian Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit.

Desa wisata ini diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Parapat, dan masyarakat setempat tetap menjaga kearifan lokal, kebersihan lingkungan dan mengembangkan UMKM dan ekonomi kreatif.

Kunjungan dirangkai dengan bantuan berupa dukungan pembinaan dan pendampingan dari BCA, tempat sampah dan cuci tangan portable, dan penanaman bibit pohon.

 

Pewarta: Juraidi dan Waristo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022