Diperkirakan berangkat ke Madinah dari Mekkah 21 Juli 2022, Insya Allah mulai berangkat untuk gelombang dua pada tanggal itu
Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam menyebutkan jamaah haji gelombang dua daerah itu berangkat dari Mekkah ke Madinah, Arab Saudi, pada 21 Juli 2022.

"Diperkirakan berangkat ke Madinah dari Mekkah 21 Juli 2022, Insya Allah mulai berangkat untuk gelombang dua pada tanggal itu," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Edi Batara saat dihubungi melalui sambungan telepon di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Edi menjelaskan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh jamaah haji sebelum berangkat ke Madinah di antaranya melaksanakan umrah, tawaf hingga melaksanakan ziarah di Kota Mekkah.

Baca juga: Untuk pemisahan koper, Debarkasi Batam siapkan aula asrama haji

Baca juga: Jamaah haji Embarkasi Batam dirawat di KKHI Mekkah bertambah 12 orang


"Sebelum berangkat ke Madinah dimanfaatkan oleh jamaah dengan melaksanakan umrah, niat atau miqat-nya diambil di Masjid Aisyah Taif kemudian melaksanakan tawaf, melaksanakan ziarah. Itu yang dilakukan para jamaah," ujar dia.

Sementara itu, menjelang kepulangan jamaah haji kloter pertama yang dijadwalkan pada 26 Juli 2022 Edi meminta petugas kloter mengimbau jamaah haji mengurangi aktivitas dengan tujuan menjaga kesehatan menjelang kepulangan ke Tanah Air.

"Di sana para petugas kloter itu sudah mengingatkan jamaah untuk mengurangi aktivitas dalam rangka kepulangan, dengan harapan kondisi jamaah tetap sehat kalau sudah sampai di Batam," kata Edi.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika terdapat jamaah yang terdeteksi COVID-19 ataupun penyakit lainnya maka akan ditindaklanjuti dengan penanganan khusus.

Baca juga: Debarkasi Batam sediakan sentra vaksin penguat untuk jamaah haji

Baca juga: Jamaah haji Embarkasi Batam dirawat di KKHI Mekkah bertambah 4 orang

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022