Kami akan terus tingkatkan agar kualitas lingkungan hidup di Kota Depok semakin baik
Depok (ANTARA) - Kota Depok meraih Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait penerapan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Jawa Barat, Rabu mengatakan penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu semangat dalam melestarikan lingkungan.

"Kami akan terus tingkatkan agar kualitas lingkungan hidup di Kota Depok semakin baik. Utamanya terkait air, situ, sungai, sampah, polusi, akan kami perhatikan terus," katanya.

Imam memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang turut membantu untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui berbagai inovasi yang dilahirkan.

Baca juga: Surabaya raih penghargaan Nirwasita Tantra tujuh kali berturut-turut

Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemkot Depok dalam menjaga kelestarian lingkungan yaitu pembuatan serta pemanfaatan Lubang Resapan Biopori (LRB), Sumur Resapan (SR), penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta terjaganya iklim di Kota Depok yang dinilai melalui alat pengukur udara atau Air Quality Monitoring System (AQMS).

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan Pemkot Depok terus berkomitmen dalam menjaga lingkungan. Kendati Kota Depok dipadati dengan kendaraan, tetapi kualitas udara masih terbilang baik.

"Kualitas udara yang baik ini juga ada campur tangan dari masyarakat. Dimana, mereka secara mandiri dan penuh kesadaran menciptakan inovasi untuk lingkungan. Penambahan LRB misalnya. Jika kemarau tidak kekeringan dan jika hujan tidak kebanjiran," ujarnya.

Baca juga: Dua dosen UI terpilih ikuti program kepemimpinan kelas dunia

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari KLHK yang diberikan kepada daerah dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja, sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah.

Kota Depok meraih Penghargaan Nirwasita Tantra kriteria pemerintah daerah, Kategori Kota Besar. Selain Kota Depok, ada juga kota lainnya seperti Surabaya, Balikpapan, Padang dan Banjarmasin turut meraih penghargaan yang sama.

Baca juga: Depok minta panitia kurban tak pakai kantong plastik untuk bagi daging

Baca juga: KLHK serahkan Kalpataru 2022 untuk sepuluh pahlawan lingkungan




 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022