Kunming (ANTARA) - Populasi gajah Asia liar di Provinsi Yunnan, China barat daya, mencapai sekitar 360 ekor pada 2021, meningkat lebih dari 60 dari 293 ekor yang tercatat pada 2018, kata otoritas setempat.

Gajah Asia, spesies penting dalam ekosistem hutan hujan, berada di bawah perlindungan nasional kelas satu di China.
Gajah tersebut sebagian besar ditemukan di seluruh Yunnan.

Populasi spesies tersebut di China telah menunjukkan tren peningkatan selama 30 tahun terakhir, yang menjadi bukti kuat bahwa Yunnan telah mencapai hasil luar biasa dalam pembangunan peradaban ekologisnya, dan juga merupakan manifestasi dari upaya peningkatan berkelanjutan China terhadap lingkungan ekologis dan keanekaragaman hayatinya, menurut Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Provinsi Yunnan.

Yang Hua, seorang pejabat dari administrasi tersebut, mengatakan Yunnan telah meningkatkan habitat gajah dan memperkuat pembangunan berbagai sistem, termasuk sistem pemantauan, peringatan dini, dan tanggap darurat, untuk meminimalkan insiden konflik manusia-gajah.

Provinsi Yunnan juga telah membentuk sebuah komite ahli untuk perlindungan gajah Asia guna melakukan penelitian tentang spesies tersebut. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022