Kalau kita melihat saat ini misalnya Jalan Sriwijaya sudah diaspal dengan dana yang memang bersumber dari pemerintah provinsi.
Belitung, Babel (ANTARA) - Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengatakan infrastruktur pendukung pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu pada 7-9 September 2022 mulai dikerjakan.

"Sejumlah infrastruktur pendukung pelaksanaan pertemuan G20 mulai dikerjakan," katanya di Tanjung Pandan, Kamis.

Dia menyebutkan, salah satu pekerjaan yang sedang berlangsung adalah pengaspalan Jalan Sriwijaya tahap pertama sepanjang 0,5 kilometer dari titik nol kilometer Belitung menuju lampu merah simpang rahat.

"Kalau kita melihat saat ini misalnya Jalan Sriwijaya sudah diaspal dengan dana yang memang bersumber dari pemerintah provinsi," ujarnya.

Baca juga: Untuk tamu G20, Belitung Timur siapkan tiga destinasi wisata unggulan

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur lainnya juga sedang dikerjakan seperti pembangunan jalur pejalan kaki di kawasan depan Hotel Grand Hatika dan Jalan Depati Endek.

"Kegiatan pembangunan lainnya juga segera menyusul yang memang kami persiapkan untuk menyambut pelaksanaan G20," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah juga segera mempercantik kawasan pusat kota Bundaran Tugu Satam dengan membangun "giant letter" G20 dan pemasangan 20 bendera negara delegasi G20.

"Taman dan air mancur juga akan kami mempercantik agar lebih indah dengan kombinasi warna-warni," ujarnya.

Ia memastikan, pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu pada 7-9 September tetap berjalan sesuai rencana.

Pemerintah Kabupaten Belitung telah menerima surat dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Nomor: B. 559 /M.PPN/D.8/PP.06.01/07/2022 tentang Penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Development Working Group 7-9 September 2022 di Belitung.

"Surat ini juga untuk menepis salah arti banyak pihak sebelumnya tentang pembatalan pelaksanaan pertemuan G20 di Belitung," katanya.

Baca juga: Pemprov Babel pastikan G20 di Belitung tetap berjalan sesuai jadwal

Ia berharap, pembangunan infrastruktur pendukung pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu dapat selesai tepat waktu.

"Keberhasilan Belitung dalam menjadi tuan rumah pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 akan menjadi suatu batu loncatan yang luar biasa," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022