Mekkah (ANTARA) - Sembilan bus digunakan untuk mengantar jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang 8 daerah Embarkasi Medan (MES/KNO 8) dari Kota Mekkah menuju ke Kota Madinah di Arab Saudi pada Kamis pagi waktu setempat.

Sebanyak 393 anggota jamaah haji asal Sumatera Utara diberangkatkan ke Madinah pada Kamis pukul 09.20 waktu Arab Saudi (WAS), menyusul jamaah dalam kelompok terbang (kloter) 24 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 24) yang meninggalkan Kota Mekkah pukul 07.00 WAS menggunakan sembilan bus.

"Jamaah yang meninggalkan Mekkah sudah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji," kata Kepala Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah Kerja Mekkah Mukhammad Khanif saat melepas keberangkatan jamaah haji menuju ke Madinah.

Ia menambahkan, seluruh jamaah yang meninggalkan Kota Mekkah sudah melaksanakan tawaf ifadah dan tawaf wada' atau tawaf perpisahan menurut laporan dari petugas pembimbing ibadah, yang salong berkoordinasi untuk mengecek pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah haji jamaah.

Khanif menjelaskan bahwa pemberangkatan lima kloter jamaah yang terdiri atas 1.932 orang ke Madinah pada Kamis menandai awal gelombang kedua pemberangkatan jamaah haji Indonesia ke Madinah, yang akan berlangsung sampai 4 Agustus 2022.

Selama berada di Kota Madinah, jamaah haji antara lain akan melaksanakan ibadah arbain, salat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi.
​​​​​​​
Baca juga:
Jamaah haji diimbau tidak membawa barang berlebihan ke Madinah
38 kloter jamaah haji sudah dipulangkan ke Tanah Air

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022