Batam (ANTARA) - Polda Kepulauan Riau mengatakan temuan 48.475,1 gram kokain di pinggir pantai Kepulauan Anambas telah menyelamatkan kurang lebih 480.000 sampai 500.000 jiwa rakyat Indonesia.

"Dari jumlah barang bukti yang kami musnahkan, dapat diasumsikan bahwa kami telah menyelamatkan kurang lebih 480.000 sampai 500.000 jiwa dari bahaya ketergantungan narkoba serta dapat mencegah dampak negatif bagi masyarakat luas,” ujar Wakapolda Kepri Brigjen Pol Rudi Pranoto di Batam, Kamis.

Dia menjelaskan angka tersebut di dapat dengan asumsi setiap ons kokain yang dimusnahkan dapat di konsumsi oleh 1.000 sampai 1.200 orang.

“Keberhasilan dalam mengamankan barang bukti ini merupakan wujud dari Kerja sama dan Kolaborasi Polri bersama TNI serta didukung oleh masyarakat Kepulauan Anambas beserta unsur terkait,” kata Rudi dalam keterangannya.

Baca juga: Polda Kepri memusnahkan 48.473,22 gram kokain di Anambas

Rudi menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam temuan narkotika jenis kokain ini.

"Secara khusus saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Rudikon dan Bapak Samsul Bahri beserta kawan-kawan yang telah menemukan barang haram ini dan telah berinisiatif melaporkan ke pihak yang berwenang," ucapnya.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt menambahkan Provinsi Kepulauan Riau 96 persen wilayahnya adalah perairan dan banyak sekali tindak pidana ilegal yang terjadi di wilayah Kepri, terutama tindak pidana narkotika dan perdagangan orang.

"Oleh karena di beberapa kesempatan yang lalu juga pernah saya sampaikan bahwa Polda Kepri dan jajaran sangat membutuhkan dukungan kapal cepat dalam upaya untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku tindak pidana narkotika yang memang memanfaatkan jalur perairan Kepri ini yang berbatasan dengan berbagai negara tetangga untuk memasukkan atau menyelundupkan narkotika ataupun menjadikan wilayah kita tempat perlintasan untuk menuju ke Negara lain," kata dia.

Baca juga: Polda Kepri sebut total 43 kilogram kokain ditemukan di Anambas

Baca juga: Bareskrim kirim tim asistensi buru pelaku pembuang kokain di Anambas


Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022