berharap PPIH debarkasi haji antara Riau untuk bersama membantu jamaah dan petugas kesehatan melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan COVID-19 bagi jamaah
Pekanbaru (ANTARA) - Seluruh jamaah haji asal Riau  dilakukan pemeriksaan kesehatan termasuk tes antigen COVID-19 sekembalinya ke tanah air dan Provinsi Riau, kata Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji Antara Riau Mahyudin.

"Semula dilakukan secara acak 10 persen, namun berdasarkan surat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan pada 20 Juli 2022 menjadi 100 persen atau seluruh jamaah haji yang kembali ke Indonesia dilaksanakan tes COVID-19 atau antigen," kata Mahyudin kepada media di Pekanbaru, Kamis.

Dikatakan, dirinya telah mendapatkan informasi langsung dari KKP Pekanbaru bahwa ketentuan tambahan pelaksanaan protokol kesehatan bagi jamaah haji Riau kembali ke tanah air telah berjalan setiap pintu masuk internasional (debarkasi).

Aturan ini, katanya sesuai ketentuan dalam Surat surat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor SR.03.04/C/3454/2022 tentang Protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan Luar Negeri dan Domestik dan ketentuan tambahan bagi pengawasan Jemaah haji.

"Akan tetapi berdasarkan surat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor SR.03.04/C/3515/2022 tertanggal 20 Juli 2022 tentang Perubahan Ketentuan Tambahan bagi pengawasan Kedatangan Jemaah Haji menjadi 100 persen atau seluruh Jemaah haji yang kembali ke Indonesia," katanya.

Ia mengatakan untuk mengoptimalkan pengawasan dan upaya pencegahan serta pengendalian COVID–19 khususnya terhadap JH yang kembali ke tanah air, maka seluruh JH yang kembali ke tanah air akan dilakukan tes COVID-19.

Mahyudin juga mengharapkan untuk PPIH debarkasi haji antara Riau untuk bersama membantu jamaah dan petugas kesehatan melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan COVID-19 bagi JH Riau.

"Saya harapkan semua panitia dapat membantu dalam penanganan pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 di Provinsi Riau," katanya. 
Baca juga: 2.312 jamaah haji Riau sudah diberangkatkan ke Tanah Sucii
Baca juga: Pemprov Riau siapkan Rp11 M sewa pesawat untuk jamaah haji
Baca juga: Jamaah haji asal Kampar Riau Tuongku Rasai meninggal di Arab Saudi

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022