Jakarta (ANTARA) - Grup teater anak, Teater Tanah Air (TTA) melakukan pertunjukan di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat selama dua hari berturut-turut pada Sabtu (16/7) dan Minggu (17/7) sebagai persiapan menuju pentas di Toyama, Jepang pada 30 Juli sampai 3 Agustus 2022.

Grup teater Pimpinan Jose Rizal Manua tersebut memainkan naskah berjudul "Spectacle Help! A Visual Theater Performance" karya Putu Wijaya. Lebih dari 1.200 penonton hadir di penampilan pada hari Sabtu (16/7) dan Minggu (17/7).

"Setidaknya, di dua hari tersebut, ada 2.500 orang yang menonton pertunjukan kami," ujar Jose Rizal Manua, sutradara "Spectacle Help! A Visual Theater Performance".

Baca juga: Monolog "Di Tepi Sejarah" hidupkan lagi kisah pelukis Emiria Soenassa

"Kapasitas kursi di Gedung Teater Jakarta untuk sekali pertunjukan, 1.200 orang. Artinya, ada sebagian penonton yang rela berdiri," kata dia.

Pertunjukan tak dipungut biaya kerana merupakan bagian dari rangkaian persiapan untuk pentas di Toyama, Jepang,

Teater Tanah Air (TTA) diundang oleh panitia setempat untuk melakukan pementasan di The World Festival of Children's Performing Arts in Toyama, Jepang pada 30 Juli sampai 3 Agustus 2022.

Grup teater anak dari negara lain yang diundang berasal dari Argentina, Belgia, Canada, China, Croatia, Cuba, Czech, Egypt, Hungary, South Korea, Monaco, Russia, Thailand, United Kingdom, Vietnam, dan Zimbabwe.

Selain seni peran, teater memadukannya dengan permainan cahaya dilakukan maksimal. Demikian pula dengan musik. "Ini cara kreatif yang kami tempuh, agar pementasan kami mudah dipahami oleh para penonton yang berasal dari berbagai negara," ungkap Jose Rizal Manua.

Lebih lanjut ia mengatakan, substansi dari pementasan ini adalah kegotongroyongan yang mengacu kepada nilai-nilai Pancasila. "Spectacle Help! ini sangat kental dengan nilai-nilai Pancasila. Melalui teater anak, kami turut memperkenalkan Pancasila kepada dunia," kata Jose Rizal.

Teater Tanah Air didirikan oleh Jose Rizal Manua di Jakarta, pada 14 September 1988, dan telah menjuarai berbagai festival teater anak-anak tingkat dunia. Pada Agustus 2004, Teater Tanah Air dan Jose Rizal Manua mementaskan naskah teater karya Danarto " Bumi Di Tangan Anak-Anak: Earth Within Children's Hand".

Di event The Asia Pacific Festival of Children's Theatre tahun 2004 yang berlangsung di Jepang itu, Teater Tanah Air dan Jose Rizal Manua berhasil memenangkan 10 medali emas untuk berbagai kategori di festival yang dimaksud.

Inilah sejumlah prestasi internasional yang sudah dicapai Teater Tanah Air: The Best Performance pada The Asia-Pacific Festival of Children's Theatre di Toyama-Jepang, tahun 2004, The Best Performance pada 9Th World Festival of Children's Theatre di Lingen (Ems)-Jerman, tahun 2006, The Best Performance pada 10Th World Festival of Children's Theatre di Moscow-Rusia, tahun 2008, serta The Best Performance pada International Children's Festival of Performing Arts di New Delhi-India, tahun 2013.

Baca juga: "Help!", ayo lawan pencuri bulan!

Baca juga: Gaet kecintaan anak muda pada tanah air lewat teater

Baca juga: Presiden Saksikan Pentas Teater Tanah Air

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022