latihan utamanya adalah menyamakan atau merasakan harmonisasi
Jakarya (ANTARA) - The Resonanz Children’s Choir (TRCC) akan tampil dalam kompetisi "11th Bali International Choir Festival (BICF)" pada 25 - 28 Juli 2022 di Bali dengan mengikuti dua kategori, yakni "Children's Choir" dan "Folksong".

Gelaran itu adalah kompetisi pertama yang diikuti TRCC setelah pandemi COVID-19, atau empat tahun sejak TRCC memenangkan European Grand Pric ke-30 di Slovenia pada 2018.

Avip Priatna selaku Direktur Musik dan pendiri The Resonanz Music mengatakan setelah dua tahun vakum akibat pandemi, mereka berharap dapat langsung mempersembahkan performa yang optimal pada kompetisi tersebut. 

Baca juga: Paduan suara Indonesia mulai disegani dunia

"Memang tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mengasah kemampuan anak-anak ini dalam hal bernyanyi secara teknis tetapi juga mengasah kepribadian dan keberanian, juga bertanggung jawab terhadap diri sendiri", ujarnya.

Avip yang sering mengharumkan Indonesia di ajang Internasional menyampaikan, pandemi dan proses latihan yang kerap dilangsungkan secara daring merupakan tantangan yang harus mereka lewati dalam persiapan menuju kompetisi di Bali. 

"Memang sangat susah berlatih paduan suara untuk kondisi pandemi sekarang ini, karena latihan utamanya adalah menyamakan atau merasakan harmonisasi dan membentuk satu paragraf dari suara-suara hingga semua suara itu bisa menyatu", katanya.

Untuk kompetisi itu, The Resonanz Children's Choir akan diwakili oleh 53 orang anggota yang terdiri dari 22 anak usia 8-12 tahun dan 31 anak usia 13-18 tahun. Mereka akan membawakan 3 lagu asing dan 3 lagu daerah dari Indonesia yang dikonduktori oleh Luciana Oendoen.

Bali International Choir Festival (BIFC) adalah ajang kompetisi paduan suara internasional yang diikuti oleh grup paduan suara maupun vokal grup dari berbagai usia dari dalam maupun luar negeri. Tahun ini, Bali International Choir Festival melombakan 12 kategori dari usia anak - anak sampai usia dewasa.

Baca juga: Paduan suara TRCC asal Indonesia juara umum di Venezia

Baca juga: Paduan suara anak Indonesia menang di dunia

Baca juga: Ekosistem paduan suara Indonesia mulai terbangun


Pewarta: Syamsul Rizal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022