Jakarta (ANTARA) - Jerman susah payah mengalahkan Austria 2-0 pada Kamis waktu setempat untuk mencapai semifinal Piala Eropa Putri.

Jerman berusaha merebut gelar juara kesembilannya yang akan kian memperpanjang rekor mereka.

Gol babak pertama Lina Magull dan gol menit akhir yang dibuat Alexandra Popp memastikan kemenangan tim asuhan Martina Voss-Tecklenburg. Jerman akan menghadapi pemenang pertandingan Prancis melawan Belanda pada Rabu pekan depan.

Baca juga: Rekor EURO tercipta ketika Inggris gasak Norwegia 8-0

Bertnading di Brentford Community Stadium, Jerman kesulitan melawan Austria yang tiga kali hampir mencetak gol akibat tiga kali bola membentur mistar gawang.

Austria yang mencapai empat besar Euro 2017 nyaris membuka skor pada menit ke-13 ketika Marina Georgieva melompat untuk menanduk bola hasil sepak pojok tetapi sundulannya membentur tiang gawang.

Jerman memimpin pada menit ke-26 setelah blunder kiper Manuela Zinsberger disundul oleh Klara Buhl ke arah Popp yang merancang assist untuk gol yang dibuat Magull.

Austria bangkit pada babak kedua sampai kemudian tendangan jarak jauh penyerang Barbara Dunst membentur mistar gawang. Tendangan Sarah Puntigam juga membentur tiang setelah sepakan pertamanya diblok lawan.

Jerman menyerap tekanan lawan untuk kemudian hampir menciptakan lagi gol pada menit ke-82 tetapi Buhl menyianyiakan peluang emas di depan gawang yang sudah terbuka.

Baca juga: Pelatih Belanda sebut Inggris unggulan utama Piala Eropa Putri

Tetapi pada menit ke-90 Popp tanpa cela mengecoh kiper Zinsberger untuk dia masukkan ke bagian belakang gawang Austria.

Ini adalah gol keempat Popp dalam turnamen tersebut yang membuatnya berada pada urutan kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak di bawah pemain Inggris Beth Mead (lima gol).

Dia juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam empat pertandingan berturut-turut dalam satu edisi Euro.

Prancis dan Belanda baru bertanding Sabtu lusa untuk memperebutkan satu tiket semifinal lainnya, demikian Reuters.

Baca juga: UEFA siapkan format baru kualifikasi zona Eropa Piala Dunia Putri

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022