Jakarta (ANTARA) - Perusahaan operator seluler PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang merupakan anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), secara bertahap mulai mengalihkan jaringan 3G ke 4G/LTE di ratusan kota di seluruh Indonesia mulai Juli ini.

Baca juga: Telkomsel segera menonaktifkan sinyal 3G di Jatim

"Telkomsel memastikan tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan dari Telkomsel selama rangkaian proses upgrade jaringan masih berjalan sampai dengan selesai," kata Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, dalam siaran pers, diterima Jumat.

Migrasi ke jaringan 4G tahap ketiga berlangsung mulai Juli, Telkomsel menargetkan ada 143 kota dan kabupaten yang masuk dalam pengalihan tahap ini. Tahap selanjutnya akan menyesuaikan pada kesiapan ekosistem 4G di wilayah tersebut.

"Kami berharap proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE dan percepatan migrasi pelanggan dapat membuka peluang lebih luas bagi masyarakat sampai pelosok negeri dalam mengoptimalkan berbagai potensi diri untuk berkembang dan maju, melalui pemanfaatan teknologi akses broadband berteknologi digital terdepan dari Telkomsel," kata Nugroho.

Baca juga: Telkomsel mulai migrasikan 3G ke 4G bulan ini

Migrasi ke 4G tahap pertama berlangsung pada Maret-Mei di 86 kota dan kabupaten, sementara tahap kedua selesai pada Juni di 91 kota dan kabupaten.

Hingga migrasi kedua, operator seluler tersebut menemukan peningkatan jumlah pelanggan yang migrasi ke uSIM 4G yaitu 500.000 pelanggan per bulan. Selama migrasi, mereka memberikan layanan beralih ke 4G secara dalam jaringan dan luar jaringan dan promosi paket kuota data.

Secara online, Telkomsel menyediakan toko resmi di sejumlah lokapasar untuk konsumen mengganti atau menukarkan kartu non-4G ke uSIM 4G, antara lain melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan JD.ID. Penggantian atau penukaran kartu juga bisa dilakukan di situs resmi GraPARI.

Kartu uSIM 4G akan dikirim ke alamat tujuan. Ada pun syarat-syarat penggantian kartu bisa ditanyakan melalui aplikasi MyTelkomsel atau akun media sosial resmi Telkomsel.

Sementara untuk layanan offline, konsumen bisa mengunjungi gerai GraPARI dan pastikan data registrasi uSIM sudah sesuai.

Telkomsel menyarankan konsumen mengecek ketersediaan jaringan 4G di wilayah mereka sebelum menukar kartu ke uSIM 4G, yaitu dengan menghubungi *888*47#.


Baca juga: Telkomsel sediakan 5G di MotoGP Mandalika

Baca juga: AP II dan Telkomsel perluas akses layanan 5G di Bandara Soekarno-Hatta

Baca juga: Kemenkominfo sebut Telkomsel siapkan layanan 5G di Mandalika

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022