Studi IMF tahun 2021 menunjukkan bahwa inklusi keuangan digital dapat mendorong perkembangan ekonomi hingga 2,2 persen. Untuk mewujudkan potensi ini dan mendorong inovasi digital, pemerintah dan swasta perlu berkolaborasi dalam tiga aspek....
Jakarta (ANTARA) - Startup Pluang sebagai mitra resmi Y20 mendorong literasi dan inklusi keuangan digital untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi stagflasi.

Chief of Special Projects Pluang Ronny Hutahayan mengatakan, di tengah "winter season" (musim dingin) bagi industri digital, para startup dihadapkan pada tantangan untuk mempertahankan efisiensi dan terus berinovasi.

"Studi IMF tahun 2021 menunjukkan bahwa inklusi keuangan digital dapat mendorong perkembangan ekonomi hingga 2,2 persen. Untuk mewujudkan potensi ini dan mendorong inovasi digital, pemerintah dan swasta perlu berkolaborasi dalam tiga aspek yakni akses pada infrastruktur, literasi digital dan keuangan, serta perbaikan kualitas institusi," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pluang: Kesadaran keuangan digital mutlak diperlukan generasi muda

Hal itu disampaikan Ronny dalam sesi Gelar Wicara Y20 Indonesia 2022 bertajuk "Managing Disruption of the Digital Transformation", dalam rangkaian KTT Y20 yang dilaksanakan di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat, pada 17-24 Juli 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar juga menekankan bagaimana akses transformasi digital mendorong kemunculan inovasi dan kesempatan ekonomi baru dari anak muda.

Inovasi yang hadir dari akses ekonomi digital ini sekaligus berkontribusi menyediakan lapangan kerja sekaligus menjadi bagian dari rantai nilai nasional maupun global.

Sementara itu, Juru Bicara Presidensi G20 Maudy Ayunda pun berpendapat tentang pentingnya literasi digital bagi generasi muda.

Setiap bentuk investasi teknologi informasi perlu diimbangi dengan fokus pada peningkatan kapasitas SDM dan literasi digital menjadi penting agar generasi muda dapat mengolah informasi dari platform digital secara kritis.

Saat ini Pluang konsisten berfokus pada misi mendemokratisasikan akses layanan keuangan dan wealth management dalam satu platform digital.

Kemitraan dengan Y20 juga diharapkan mampu membantu Pluang memperluas cakupan program edukasi finansial.

"Kami baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan ILUNI UI, jaringan ikatan alumni universitas tertua di Indonesia dengan anggota komunitas sebanyak 500.000 alumni. Lewat kerja sama ini kami menyasar para investor muda dan pemula agar ke depannya bisa menjadi investor yang bijak dan tangguh dengan memahami manfaat dan risiko layanan keuangan digital," kata Ronny.

Baca juga: Tiga petinggi BUMN berbagi pengalaman dengan delegasi Y20

Kesadaran keuangan digital merupakan sub-tema dari isu prioritas transformasi digital pada KTT Y20 Indonesia 2022.

Harapannya, diskusi ini bisa menjadi referensi bagi para delegasi Y20 untuk merumuskan usulan kebijakan tata kelola digital yang akan direkomendasikan pada para pemimpin G20.

KTT Youth 20 (Y20) merupakan wadah resmi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat berdialog untuk meningkatkan kesadaran terhadap persoalan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus yang akan diberikan kepada Presidensi G20 Indonesia.
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022