Kegiatan Gernas BBI yang dilakukan setiap bulan di berbagai daerah Indonesia telah mengangkat ekonomi daerah khususnya pada UMKM
Banjarmasin (ANTARA) - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Puncak Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sebagai ajang mempromosikan dan mengembangkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Luhut dalam sambutannya dalam acara puncak kampanye itu di Banjarmasin, Jumat, menyebutkan bahwa kegiatan Gernas BBI yang dilakukan setiap bulan di berbagai daerah Indonesia telah mengangkat ekonomi daerah khususnya pada UMKM.

Ia mengatakan Gernas BBI ini menjadi salah satu penguatan ekonomi dalam negeri. "Itu sebabnya tiap bulan kita bikin berpindah-pindah untuk membangunkan semangat kita," katanya.

Menko Marves juga mengatakan kegiatan Gernas BBI yang telah dilakukan sejak 2021 telah mencatatkan perputaran ekonomi mencapai Rp876 triliun dan realisasi transaksi UMKM sebesar Rp310 triliun.

Luhut meminta produk-produk UMKM di tiap daerah Indonesia dikembangkan lebih luas tidak hanya pada produk makanan, namun juga produk kerajinan tangan atau kriya, fesyen, dan lain sebagainya.

Selain itu, ia juga meminta kepada para pemimpin daerah untuk merampungkan e-katalog agar produk-produk UMKM di daerah bisa memiliki akses pasar yang lebih luas, khususnya untuk pengadaan sarana dan prasarana pemerintah maupun BUMN.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Campaign Manager Gernas BBI dalam sambutannya yang disampaikan secara daring menyebutkan Gernas BBI merupakan salah satu upaya KKP untuk meningkatkan digitalisasi UMKM, mempromosikan, serta memperluas akses pasar.

Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama dengan Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar acara Puncak Gernas BBI dengan tema "Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan" di Taman Siring KM 0 di Banjarmasin pada 22 hingga 24 Juli 2022.

Menko Marves meresmikan Puncak Kampanye Gernas BBI Kalimantan Selatan didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Dalam acara tersebut terdapat pameran UMKM, Pojok Kopi, Talkshow, Lelang UMKM hingga pelatihan dan konsultasi bisnis bagi UMKM.

Sebanyak 650 produk UMKM mengikuti pameran dalam gelaran Puncak Acara Gernas Bangga Buatan Indonesia di Kalimantan Selatan yang terdiri atas 67 UMKM terbaik dari hasil seleksi pada 1.178 UMKM peserta program Gernas BBI Kalsel 2022, dengan sisanya sebanyak 583 UMKM seluruh sektor di Kalsel.

Selain pameran, Puncak Gernas BBI di Kalimantan Selatan juga menghadirkan fashion show khas Kalimantan Selatan yaitu Sasirangan, karnaval perahu hias, atraksi budaya, pameran foto, temu investor, hingga pertunjukan hiburan dari grup band Republik.

Baca juga: KKP bawa 67 UMKM terbaik ke puncak Gernas BBI Kalsel
Baca juga: KKP gunakan Gernas Bangga Buatan Indonesia untuk dorong ekspor
Baca juga: Menko Luhut minta Pemda buat e-katalog lokal
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022