Minyak mentah berjangka Brent terangkat 1,61 dolar AS atau 1,6 persen, menjadi diperdagangkan di 105,47 dolar AS per barel
Singapura (ANTARA) - Harga minyak naik di perdagangan Asia pada Jumat sore, rebound dari penurunan sebelumnya di tengah ketatnya pasokan dan ketegangan geopolitik, meskipun melemahnya permintaan di Amerika Serikat telah membayangi pasar minggu ini.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 1,61 dolar AS atau 1,6 persen, menjadi diperdagangkan di 105,47 dolar AS per barel pada pukul 06.30 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 1,43 dolar AS atau 1,5 persen, menjadi diperdagangkan di 97,78 dolar AS per barel.

"Segalanya masih negatif di bidang ekonomi, tetapi kami masih kekurangan struktural untuk minyak yang cepat dan itu berarti pembeli fisik akan berada di sana untuk mendukung penurunan mengetahui ketidakpastian tentang apa yang ada di bidang geopolitik," kata Stephen Innes, mitra pengelola di SPI Asset Management, dikutip dari Reuters.

Innes mengatakan investor memiliki keputusan Federal Reserve AS minggu depan tentang suku bunga dengan kuat di pikiran mereka. Pejabat Fed telah mengindikasikan bahwa bank sentral kemungkinan akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin pada pertemuan 26-27 Juli.

"Sementara 75 ada di kartu, panduan akan menjadi penting dan setiap pelemahan dalam prospek kenaikan suku bunga akan bagus untuk pertumbuhan global," tambah Innes.

Sementara tanda-tanda melemahnya permintaan AS membebani harga minyak dan mengirim kontrak acuan turun sekitar 3,0 persen di sesi sebelumnya, pasokan global yang ketat terus membuat pasar tetap kuat.

"Meskipun ada penurunan tajam dalam harga minyak, prospek masalah pasokan tetap bermasalah. Sampai bukti yang terbukti untuk permintaan yang melemah terlihat, kekurangan pasokan (Ukraina) yang dipicu perang akan membuat harga minyak tetap kuat," kata Tina Teng, seorang analis di CMC Markets.

WTI telah terpukul selama dua sesi terakhir setelah data menunjukkan bahwa permintaan bensin AS telah turun hampir 8,0 peren dari tahun sebelumnya di tengah-tengah puncak musim mengemudi musim panas, terpukul oleh rekor harga di SPBU.

Sebaliknya, tanda-tanda permintaan yang kuat di Asia menopang patokan Brent, menempatkannya di jalur untuk kenaikan mingguan pertama dalam enam minggu.

Permintaan di India untuk bensin dan bahan bakar sulingan naik ke rekor tertinggi pada Juni, meskipun harga lebih tinggi, dengan total konsumsi produk olahan berjalan pada 18 persen lebih dari tahun lalu dan kilang India beroperasi di dekat tingkat tersibuk mereka, kata analis RBC.

"Ini menandakan lebih dari sekadar pemulihan yang kuat dari tahun-tahun yang dilanda COVID," kata analis RBC Michael Tran dalam sebuah catatan.

Baca juga: Harga minyak anjlok, dipicu naiknya stok bensin AS dan suku bunga ECB
Baca juga: Inggris beri sanksi impor batu bara dan minyak dari Rusia
Baca juga: Penurunan harga minyak berlanjut karena stok bensin AS lebih tinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022