Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menggulirkan dan meningkatkan program "Jumat Berfaedah" secara kualitas maupun kuantitas untuk membantu masyarakat dan tempat ibadah.

"Harapannya ke depan Jumat Berfaedah ini kita terus menyosialisasikan dan meningkatkan program itu dari segi kualitas maupun kuantitas," ujar Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pemkot Jakbar: Warga nyaman huni rumah yang dibedah

Pemkot Jakbar menjalankan program Jumat Berfaedah secara rutin setiap Jumat dengan mengajak berbagai elemen masyarakat, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, dan TNI-Polri.

Program Jumat Berfaedah terdiri dari enam kegiatan, yakni kegiatan bedah rumah warga tidak mampu, pemberian santunan kepada anak yatim-piatu, pemberian kursi roda, pemberian stimulus kepada dewan kemakmuran masjid.

Kegiatan lainnya yakni penanaman pohon-pohon anggur di pekarangan dan sudut masjid serta musala, lalu kegiatan pemberian sayur-mayur dan lauk-pauk secara gratis kepada warga di sekitar rumah yang akan dibedah maupun di sekitar masjid dalam rangka peningkatan gizi.

"Ini merupakan stimulus supaya masyarakat mengonsumsi makanan sehat," ujar Yani.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat menilai program Jumat Berfaedah yang digulirkan Wali Kota Yani Wahyu Purwoko mampu mempererat kesatuan dan kerukunan warga di wilayah tersebut.

Baca juga: Sayuti dan harapannya tentang rumah layak huni

Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Barat Mohammad Matsani mengatakan bahwa program ini memberikan dampak hubungan yang erat antara suku, ras, agama dan kelompok masyarakat di Jakarta Barat.

Dalam program tersebut, Wali Kota Jakarta Barat (Jakbar) beserta jajarannya setiap Jumat menyambangi rumah warga dan beberapa tokoh masyarakat serta pemuka agama.

Dia memberikan penyuluhan dan pemahaman bagi warga tentang pentingnya menjalin kerukunan dalam hidup bermasyarakat.

Pihaknya juga menyambangi beberapa rumah untuk direnovasi gratis serta membagikan bantuan sosial bagi beberapa warga.

Baca juga: "Jumat Berfaedah" dinilai mampu pererat kerukunan warga Jakbar

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022