di Riau saat ini kembali dimulai kegiatan modifikasi cuaca untuk meningkatkan curah hujan
Pekanbaru (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Laboratorium Pengelolaan Teknologi Modifikasi Cuaca melakukan modifikasi cuaca untuk meningkatkan curah hujan di Riau, terkait mulai banyak ditemukan titik panas di provinsi itu.

Koordinator Lapangan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Riau Dr Tukiyat dalam keterangannya kepada media di Pekanbaru, Jumat, mengatakan berdasarkan hasil pantauan Sistem Monitoring Kebakaran Hutan dan Lahan (Sipongi) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sejak awal Juli 2022 telah terjadi peningkatan eskalasi titik panas di Provinsi Riau.

"Karena itu, di Riau saat ini kembali dimulai kegiatan modifikasi cuaca untuk meningkatkan curah hujan," katanya.

Baca juga: Helikopter dikerahkan untuk padamkan kebakaran lahan di Riau

Sementara itu menurut prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau meningkat pada Juli hingga September 2022.

Potensi karhutla meningkat didasari sifat hujan untuk bulan Juli-Oktober 2022 di wilayah Provinsi Riau, yang diprediksi berada pada kondisi normal hingga di bawah normal.

"Kemudian juga berdasarkan pola tahunan jumlah kejadian titik panas di Pulau Sumatera, khususnya Provinsi Riau yang mencapai puncak pada periode bulan Juli-Oktober," ujarnya.

Kemunculan titik panas pada lahan-lahan gambut terjadi karena adanya penurunan kelembaban lahan gambut, dan semakin rentan untuk terbakar sehingga mengakibatkan bencana karhutla jika tidak segera ditangani.

Baca juga: Riau dapat bantuan helikopter dari BNPB untuk tanggulangi karhutla

"Atas dasar tersebut, maka Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) meminta kepada BRIN melalui Lab TMC untuk melaksanakan kegiatan TMC. Tujuannya untuk pembasahan lahan gambut di wilayah Provinsi Riau guna mencegah terjadinya karhutla," sebutnya.

Kegiatan TMC di Riau yang dimulai 21 Juli 2022 rencananya dilaksanakan selama 11 hari sesuai permintaan BRGM yang merupakan kegiatan periode II.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan TMC pada periode I yang dilaksanakan pada 14 April–25 April 2022 atas kerja sama BRIN dengan KLHK dan PT RAPP Riau.

Pada periode I tersebut, katanya, kegiatan TMC telah berhasil mempertahankan kelembaban lahan gambut dan menurunkan jumlah titik panas yang terjadi di wilayah Provinsi Riau.

Baca juga: BPBD Riau kerahkan personil dan Heli WB padamkan karhutla di Dumai



 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022