Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan dan juga menjadi motivasi bagi semua anak-anak di Kota Sabang untuk terus berkarya
Banda Aceh (ANTARA) - Forum Anak Kota Sabang (Fakosa) Provinsi Aceh mendapat penghargaan Pelopor dan Pelapor (2P) dalam Anugerah Data Forum Anak (Dafa) Award 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMG dan PPPA) Kota Sabang Naufal mengapresiasi pencapaian forum anak Kota Sabang yang mampu meraih penghargaan tingkat nasional.

"Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan dan juga menjadi motivasi bagi semua anak-anak di Kota Sabang untuk terus berkarya," katanya di Kota Sabang, Jumat.

Penganugerahan Dafa Award digelar oleh Forum Anak Nasional yang bernaung di bawah Kementerian PPPA.

Ia menjelaskan Dafa Award merupakan salah satu ajang nasional yang mengapresiasi kegiatan forum anak, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota hingga provinsi.

Ajang ini sebagai wadah bagi Kementerian PPPA dalam menilai, mengapresiasi serta memberikan penghargaan kepada forum anak yang aktif, kreatif dan inovatif dalam melakukan berbagai kegiatan dan aksi positif sebagai pelopor dan pelapor.

Selama ini, kata dia, Pemerintah Kota Sabang terus mendukung kegiatan anak-anak yang tergabung dalam Fakosa, mulai dari memfasilitasi hingga melibatkan mereka dalam kegiatan pemerintahan.

“Selama ini mereka juga cukup aktif dalam kegiatan sosial dan kegiatan positif lainnya. Tentunya kami sangat mengapresiasi semua kegiatan positif yang mereka lakukan selama ini,” katanya.

Menurut dia, Dafa Award juga menjadi ajang pengumpulan data dan informasi forum anak se Indonesia, yang menunjukkan bahwa anak-anak telah memahami betapa penting data sebagai bahan evaluasi sekaligus mengukur efektivitas program maupun lembaga.

"Semoga forum anak Kota Sabang bisa terus menjadi pelopor dan pelapor yang juga dapat memperjuangkan hak-hak anak bagi anak-anak di Kota Sabang," kata Naufal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos PMG dan PPA Kota Sabang Susanti menyebut ada 15 kategori penghargaan pada ajang Dafa Award 2022, di antaranya penghargaan bagi provinsi terbaik, kabupaten terbaik, kota terbaik, kecamatan terbaik, kelurahan terbaik, desa terbaik, dan penghargaan partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan (PAPP) terbaik.

“Selain itu ada pula penghargaan P2 terbaik, media sosial terbaik, profil website terbaik, forum anak merangkul, kesekretariatan terbaik, forum anak berbakat, forum anak terfavorit dan penghargaan pendataan tercepat,” kata Susanti.

Baca juga: Kota Sabang sabet enam penghargaan kota layak anak di Aceh

Baca juga: 4.461 anak Sabang terima dana pemenuhan kecukupan gizi

Baca juga: Pemko Sabang lawan angka stunting melalui dana Geunaseh

Baca juga: Pemko Sabang santuni anak yatim Rp2 juta per orang

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022