Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah membangun 139 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia sebagai bagian dari upaya mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis, Jumat, mengatakan PLN sebagai perusahaan penyedia energi berkomitmen menyediakan pasokan listrik yang andal untuk menjawab kebutuhan kendaraan listrik.

"Kita sudah menyusun kerangka strategis dan taktis di lapangan. Salah satunya adalah pembangunan SPKLU yang sudah mencapai 139 unit di seluruh Indonesia,” kata Darmawan.

PLN akan terus menambah jumlah SPKLU untuk mempermudah masyarakat mengisi kendaraan listrik. Selain itu, perseroan juga memberikan banyak insentif dengan diskon tambah daya untuk para pemilik kendaraan listrik dan juga diskon 30 persen pemakaian listrik saat malam hari.

Langkah-langkah tersebut merupakan upaya PLN untuk mendukung penurunan emisi dan menghadirkan kehidupan yang lebih baik.

Bentuk dukungan lain yang dilakukan PLN untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air adalah dengan berpartisipasi dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 22 – 31 Juli 2022.

Darmawan melihat PEVS 2022 adalah upaya penting dalam proses transisi energi bersih di Indonesia, karena melalui agenda seperti inilah ekosistem Kendaraan Bermotor listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia bisa semakin kuat. Dia berharap masyarakat tidak ragu lagi memiliki kendaraan listrik.

PEVS 2022 diharapkan menjadi ajang pembelajaran dan update informasi terkait kendaraan listrik untuk masyarakat luas.

Pameran ini juga sekaligus menjadi ruang untuk produsen pendukung kendaraan listrik untuk mengaktualisasikan temuan terbarunya.

Termasuk di dalamnya pengembang rantai pasok ekosistem kendaraan listrik dan pendukung lainnya yang bisa dicoba langsung oleh masyarakat.

Gelaran PEVS 2022 berlangsung selama 10 hari, buka dari pukul 11.00-21.00 WIB untuk hari biasa dan 10.00-21.00 WIB untuk akhir pekan.

Tiket masuk bisa dibeli di tiket.com dengan rincian harga Rp100 ribu untuk hari pertama, Rp30 ribu rupiah untuk hari biasa, dan Rp50 ribu untuk akhir pekan.

Baca juga: BNI jadi pioner pengoperasian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Baca juga: PLN sediakan 70 unit SPKLU pengisian sangat cepat saat KTT G20 di Bali

Baca juga: Memacu populasi kendaraan listrik di Ibu Kota
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022