Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada anak-anak agar tidak lupa untuk mengenakan masker, karena Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19.

“Jaga kesehatan. Jangan lupa pakai masker di mana pun karena COVID-19 sekarang ini masih ada,” kata Presiden Jokowi dalam Peringatan Hari Anak Nasional di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Presiden juga berpesan agak anak-anak terus belajar dan menunaikan perintah agama.

“Semuanya belajar terus ya, belajar, belajar. Jangan lupa berdoa ya, sembahyang ya, shalat ya,” ucapnya.

Seusai acara, Presiden menuturkan dirinya senang melihat anak-anak yang ceria dan bergembira. Menurutnya, anak-anak memiliki kreativitas masing-masing.

Baca juga: Kemenko PMK: HAN momentum pemenuhan hak-hak anak

Ia juga berpesan kepada orang tua agar mendukung anak untuk mengembangkan kreativitas. Orang tua juga diimbau untuk tidak memaksa kehendak orang tua kepada anak-anak.

“Jangan kita terlalu memaksa anak-anak untuk sesuai dengan keinginan orang dewasa, karena anak-anak adalah anak-anak. Dunia mereka adalah dunia anak-anak,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional kuatkan komitmen penuhi hak anak

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 pada 23 Juli 2022 mengambil tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Melalui tema ini diharapkan anak Indonesia pada situasi pascapandemi COVID-19 terus terlindungi fisik, jiwanya, dan mendapatkan hak-haknya, seperti hak belajar, bermain dan bergembira.
Baca juga: Presiden dorong penegakan hukum tegas bagi pelaku kekerasan pada anak

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022