Jakarta (ANTARA) - Striker Afrika Selatan Hildah Magaia mencetak dua gol saat mereka merebut gelar juara Piala Afrika Putri pertama usai mengalahkan tuan rumah Maroko 2-1 dalam final Sabtu waktu setempat.

Dua gol Magaia terjadi dalam kurun delapan menit setelah mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-63 dan menciptakan gol kedua pada menit ke-71 dari posisi yang sama.

Hilang konsentrasi membuat Afrika Selatan kehilangan penguasaan bola yang membuat Maroko membalaskan satu gol pada menit ke-80 melalui striker kelahiran Inggris Rosella Ayane.

Baca juga: UEFA gelar 'finalissima' putri di Eropa

Laga yang berlangsung di hadapan tatapan penonton Maroko di Rabat ini berlangsung menegangkan sampai harus dilangsungkan dengan memasukkan sembilan menit tambahan.

Ini adalah gelar juara pertama Afrika Selatan setelah lima kali menjadi runner-up, termasuk edisi terakhir pada 2018.

Maroko memainkan final pertamanya dan akan mendampingi Afrika Selatan ke Piala Dunia Putri tahun depan bersama dengan dua semifinalis yang tersisih, Nigeria dan Zambia.

Piala Afrika Putri menjadi turnamen yang menentukan kualifikasi Afrika untuk Piala Dunia Putri yang diadakan di Australia dan Selandia Baru, demikian Reuters.

Baca juga: Arema FC Women juara Piala Gubernur DKI Jakarta 2022
Baca juga: CAF kembali geser Piala Afrika edisi berikutnya ke bulan Januari

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022