Riko bisa membuat perbedaan di lini depan. Dia layak bermain di Thailand
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim Liga Thailand Chonburi FC Sasom Pobprasert menilai pemain sayap Persija Riko Simanjuntak layak berkarier di Thailand karena memiliki kualitas mumpuni untuk itu.

Hal itu disampaikan Sasom usai skuadnya ditahan imbang Persija dengan skor 3-3 pada laga persahabatan yang menjadi bagian dari peluncuran raya (grand launching) Jakarta International Stadium (JIS), Minggu.

"Dia pemain bagus, cepat. Tekniknya apik. Saya merasa dia bisa bermain di Thailand," ujar juru taktik berusia 54 tahun itu.

Dalam pertandingan kontra Chonburi FC, Riko melesakkan dua gol dan membuat satu assist untuk Persija.

Pesepak bola asal Pematangsiantar, Sumatra Utara, itu juga beberapa kali berhasil membuat pertahanan Chonburi kelabakan dengan kelincahan dan akselerasinya.

Melihat penampilan Riko tersebut, asisten pelatih Persija Ferdiansyah mewajarkan pernyataan Sasom.

Baca juga: Dua gol Riko bawa Persija imbangi Chonburi 3-3 pada laga pembukaan JIS

"Riko bisa membuat perbedaan di lini depan. Dia layak bermain di Thailand. Intinya, siapa pun yang bekerja keras bisa bermain di Liga Thailand," tutur Ferdiansyah.

Persija mengimbangi tim Liga Thailand Chonburi FC dengan skor 3-3 pada laga yang menjadi bagian dari seremoni pembukaan raya (grand launching) Stadion Internasional Jakarta (JIS), Minggu malam.

Dalam pertandingan di JIS, Jakarta, itu, gol-gol Persija dibuat Riko Simanjuntak (dua gol) dan Taufik Hidayat. Sementara Chonburi melesakkan gol melalui Yoo Byung-soo (dua gol) dan Danilo.

Terkait pemain Indonesia di Liga Thailand, sudah ada beberapa nama yang pernah berkarier di kompetisi "Negeri Gajah Putih" tersebut.

Beberapa di antaranya seperti Yanto Basna (pernah merumput untuk klub Khon Kaen FC, Sukhothai FC dan PT Prachuap FC), Ryuji Utomo (PTT Rayong), Terens Puhiri (Port FC), Todd Ferre (Lampang FC), Greg Nwokolo (Chiangrai United, BEC Tero Sasana/Police Tero FC), Victor Igbonefo (Chiangrai United, Super Power FC, Navi FC, Swat Cat/Nakhonratchasima Mazda FC, PTT Rayong), Sergio van Dijk (Suphanburi FC) dan Irfan Bachdim (Chonburi FC).

Baca juga: Tim Liga Thailand Chonburi FC puji JIS

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022