Bontang (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali salurkan beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) 2022, bagi 48 anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang.

Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PKT Anggono Wijaya di Bontang, Senin, dalam laporannya mengatakan beasiswa PKTPP tahun ini direalisasikan bagi 48 murid tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi pada jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman bersama Wali Kota Bontang Basri Rase, di Gedung Kopkar PKT.

Masing-masing 10 orang tingkat SD, 10 orang tingkat SMP, delapan orang tingkat SMA dan SMK, serta 20 penerima tingkat perguruan tinggi dengan total bantuan Rp4,19 Miliar.

"Beasiswa tingkat SD hingga SMA/SMK khusus diperuntukkan bagi warga Kota Bontang, sedangkan tingkat perguruan tinggi dibuka untuk umum dengan syarat universitas dan jurusan berakreditasi A," ujar Anggono.

Namun, begitu PKT memberi kelonggaran bagi peminat jurusan pertanian, dengan universitas dan jurusan minimal akreditasi B.

Hal ini sebagai bentuk dukungan PKT terhadap pengembangan produktivitas pertanian dalam negeri, agar penerima manfaat beasiswa PKTPP ke depannya mampu berkontribusi untuk mendorong kemajuan sektor pertanian pasca menempuh pendidikan.

Program yang telah berjalan sejak 2008 ini akan memberi pembiayaan penuh selama penerima beasiswa menempuh pendidikan.

Bagi tingkat perguruan tinggi, pembiayaan difasilitasi sejak awal tes masuk universitas, hingga masa perkuliahan selesai. Ditambah biaya akomodasi, buku dan kebutuhan lainnya.

"Selain itu PKT juga memberi bantuan biaya penelitian bagi mahasiswa di tingkat akhir, agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Sementara untuk tingkat SD-SMA/SMK, PKT memberikan fasilitas pembiayaan sekolah, seragam hingga buku pelajaran dan iuran lainnya," kata Anggono.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman, mengungkapkan beasiswa PKTPP merupakan program rutin PKT di bidang pendidikan, guna mendorong terciptanya sumberdaya manusia yang unggul di Kota Bontang.

Melalui beasiswa ini, diharapkan anak berprestasi secara akademik maupun non-akademi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang, dapat menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan baik.

“PKT peduli dengan pendidikan generasi muda Bontang, agar ke depan mampu menjadi sumber daya unggul dan andal di berbagai bidang. Inilah dasar beasiswa PKTPT disalurkan setiap tahun,” ujar Qomaruzzaman.*

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022