Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama melaporkan sebanyak 60 persen jamaah haji Indonesia atau 27.280 dari 45.096 orang yang berangkat pada gelombang pertama telah kembali ke Tanah Air setelah menjalani ibadah haji.

"Secara bertahap sampai hari ini, 27.280 orang jamaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama sudah pulang ke Tanah Air," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsad Hidayat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Fase pemulangan jamaah haji gelombang pertama ini telah berlangsung mulai 15 Juli hingga 30 Juli 2022. Mereka secara bertahap dipulangkan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Baca juga: Debarkasi Batam: Semua mekanisme siap sambut kedatangan jamaah haji

Ia mengatakan selain memulangkan dari Mekkah ke Bandara Jeddah untuk terbang ke Indonesia, PPIH juga memberangkatkan jamaah haji dari Mekkah ke Madinah untuk persiapan kembali ke Tanah Air.

Mereka yang bergeser dari Mekkah ke Madinah adalah jamaah haji yang berangkat pada gelombang kedua, mendarat di Jeddah, dan akan pulang melalui Madinah. Hingga saat ini sudah ada 12.381 dari 47.572 orang jamaah yang telah diberangkatkan ke Madinah.

"Proses pemberangkatan ini (dari Mekkah ke Madinah) akan berlangsung hingga 4 Agustus 2022. Mulai 29 Juli 2022, PPIH juga akan mulai memulangkan jamaah haji gelombang kedua dari Madinah ke Tanah Air,” kata dia.

Di samping itu, Kemenag juga melaporkan sampai saat ini atau hari ke-52 operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M, total ada 73 orang jamaah haji Indonesia yang wafat. Sebanyak 27 orang wafat pada masa pra Armuzna, 16 orang wafat pada masa Armuzna, dan 30 orang wafat pada masa setelah puncak haji Armuzna.

"Jumlah jamaah wafat sejak awal keberangkatan pada 4 Juni sampai dengan hari ke-52 operasional haji sebanyak 73 orang, terdiri atas 71 orang jamaah haji reguler dan dua orang jamaah haji khusus," kata Arsad.

Baca juga: Kepulangan jamaah haji kloter 1 Banjarmasin tertunda 12 jam

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022