Sanarinda (ANTARA) - Satu wilayah di Provinsi Kalimantan Timur yakni Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) masih bertahan di zona hijau COVID-19, meskipun sejumlah wilayah Kaltim lainnya terus mengalami penambahan kasus baru.

Plt. Kadis Kesehatan Kaltim Setyo Budi Basuki mengungkapkan berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 Kaltim, Senin 25 Juli 2022, telah terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 31 orang, sementara kasus sembuh juga bertambah 45 orang.

Sebaran pasien positif di antaranya di Balikpapan 18 orang, Bontang 7 orang, Samarinda 3 orang, Berau 1 orang, Paser 1 orang dan Kutai Kartanegara 1 orang.

Sedangkan sebaran pasien sembuh di Samarinda 14 orang, Bontang 14 orang, Balikpapan 13 orang, dan Kutai Barat 4 orang.

Baca juga: Balikpapan masuk zona merah COVID-19

Baca juga: Kasus aktif COVID-19 di Kaltim tersisa 18 orang


"Kasus positif COVID-19 masih terus bertambah. Kami mengimbau masyarakat jangan lalai dan mengabaikan anjuran pemerintah," kata Setyo di Samarinda, Senin.

Dengan adanya tambahan kasus baru, menjadikan jumlah pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim sebanyak 262 orang.

Basuki menjelaskan sebaran pasien positif tertinggi berada di Kota Balikpapan dengan jumlah pasien sebanyak 156 orang, dan saat ini Balikpapan salam status zona merah.

Disusul, Bontang dengan status zona oranye dan jumlah pasien yang dirawat 47 orang.

Tujuh wilayah Kaltim lainnya dalam status zona kuning diantaranya, Kutai Kartanegara 14 pasien positif, Berau 14 pasien, Samarinda 11 pasien, Kutai Timur 6 pasien, Kutai Barat 5 pasien, Paser 5 pasien dan Penajam Paser Utara 4 pasien.

"Mengingat kasus positif terus bertambah, saya imbau masyarakat untuk menjalankan prokes di setiap beraktivitas," katanya.*

Baca juga: Gubernur Kaltim apresiasi peran bupati dan wali kota tekan COVID-19

Baca juga: Tiga wilayah di Kaltim bertahan di zona hijau COVID-19

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022