Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan pembekalan penguatan integritas kepada pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam program Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022.

"Sesuai jadwal hari ini, Selasa akan dilaksanakan kembali pembekalan antikorupsi bagi partai politik. Kali ini pembekalan diberikan untuk para pengurus dan kader PKB bertempat di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ia menginformasikan Ketua KPK Firli Bahuri akan membuka kegiatan bersama Wakil Ketum PKB Ida Fauziyah dan Sekjen Hasanuddin Wahid.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembekalan sejumlah materi oleh para pejabat di Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK di antaranya tentang penguatan integritas dan pembahasan pembelajaran mandiri antikorupsi.

"Berdasarkan konfirmasi yang kami terima, kegiatan tersebut juga akan dihadiri secara langsung oleh sekitar 75 pengurus partai. Selebihnya, para pengurus DPD/DPW dan DPC akan mengikuti kegiatan pembekalan secara daring," kata Ipi.

KPK fokus mendorong penguatan integritas internal partai politik melalui kegiatan pembekalan antikorupsi yang merupakan rangkaian kegiatan PCB Terpadu 2022.

"Sebab, parpol yang berintegritas merupakan landasan penting dalam membangun upaya pencegahan korupsi. Tidak terlepas karena proses politik seperti pemilihan pejabat publik ataupun proses penganggaran melibatkan peran sentral partai politik," ucap Ipi.

Pada 2016-2017, KPK bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah melakukan kajian yang mengidentifikasi lima masalah utama terkait integritas partai politik. Hasil kajian itu kemudian dikembangkan dan menghasilkan konsep tentang Sistem Integritas Partai Politik (SIPP).

Lima persoalan tersebut meliputi keterbukaan keuangan partai, sistem rekrutmen, sistem kaderisasi, penetapan kode etik serta implementasinya melalui mahkamah etik, dan demokratisasi internal.

"Karenanya, SIPP menjadi salah satu materi yang diberikan pada setiap pembekalan antikorupsi PCB Terpadu 2022," kata Ipi.

PKB merupakan partai ke-10 setelah sebelumnya KPK memberikan pembekalan yang sama kepada jajaran pimpinan dan pengurus dari sembilan parpol, yaitu PAN, PBB, Demokrat, Gerindra, PDIP, Golkar, Hanura, Berkarya, dan PKS.

Baca juga: Mewujudkan parpol berintegritas melalui program PCB Terpadu

Baca juga: KPK harap pimpinan parpol jadi benteng upaya pencegahan korupsi

Baca juga: PKB Temanggung undang tokoh terbaik jadi caleg Pemilu 2024



 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022