Jakarta (ANTARA) - Event Director Food & Hotel Indonesia (FHI) Juanita Soerakoesoemah menyatakan pameran FHI 2022 hadir sebagai sustainability event untuk mendukung bisnis perhotelan dan food and beverage (F&B) di Indonesia dengan tetap menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

“Ke depannya, sustainability akan tetap menjadi perhatian bagi acara-acara yang diselenggarakan oleh Pamerindo Indonesia, yang merupakan bagian dari Informa Markets, sebuah divisi dari Informa Plc,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diberikan kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Adapun sejumlah langkah yang dilakukan untuk mendukung sustainability selama penyelenggaraan FHI 2022 ialah memfasilitasi diskusi dan pembahasan materi tentang sustainability yang dapat diakses melalui website foodhotelindonesia.com untuk mengetahui informasi lebih detail.

Selanjutnya penggunaan bahan material pameran hasil daur ulang untuk dijadikan produk kreasi pelengkap desain interior yang dilakukan bersama komunitas lokal, lalu mempromosikan penggunaan barang yang dapat digunakan ulang seperti botol minum, tas/kantong belanja kain, serta pallet bagi peserta pameran.

Tindakan ke-4 adalah pengembalian kembali lanyard yang digunakan sebagai identitas selama pameran untuk digunakan kembali di acara berikutnya, mendesain area pameran sedemikian rupa guna meminimalisir produksi sampah. “Kemudian bekerja sama dengan berbagai organisasi untuk kegiatan bisnis berkelanjutan, juga berkolaborasi dengan pemasok produk agar fokus pada dampak terhadap lingkungan,” ucap dia.

Lalu, penyediaan makanan katering yang segar dan bersumber dari lokal dan penggunaan teknologi digital untuk mengurangi penggunaan kertas.

“Ke depannya, Pamerindo berkomitmen pada penggunaan listrik yang bersumber dari energi terbarukan yang menghasilkan emisi karbon netral,” ungkap Juanita.

FHI 2022 diselenggarakan bersamaan dengan ajang Hotelex Indonesia, Speciality Food Indonesia, serta Retail Indonesia yang diselenggarakan dari 26-29 Juli 2022 di Jakarta Intenational Expo (JIEXPO), Jakarta, dengan keikutsertaan 500 perusahaan dari 26 negara.

Pameran itu menghubungkan dan mempertemukan antar-pebisnis, profesional, penggiat industri perhotelan (hospitality), dan F&B secara global dengan tujuan mendukung akselerasi pertumbuhan industri nasional yang berkelanjutan melalui inovasi bisnis agar maju dan berkembang di pasar global.

Dalam edisi ke-16, FHI menghadirkan berbagai kategori produk. Mulai dari bakery, pastry&gelato, F&B, coffee&tea, foodservice & hospitality equipment, hospitality design & supplies, hospitality technology, hingga wine-spirit & alcoholic drinks.

FHI 2022 menerima pengunjung hingga 29 Juli mendatang dengan melakukan registrasi online di pintu masuk. Informasi lebih lanjut dapat diakses pada www.foodhotelindonesia.com atau akun sosial media FHI di Instagram @foodhotelindonesia_fhi.

Baca juga: Pameran Food & Hotel Indonesia diikuti 500 perusahaan dari 26 negara

Baca juga: KBRI promosikan makanan Indonesia di 'food expo' terbesar di Denmark


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022