Ke-26 titik panas itu pun langsung diinformasikan ke pihak terkait, terutama kepada BPBD provinsi maupun kabupaten
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan, Selasa mendeteksi 26 titik panas, setelah sehari sebelumnya juga terdeteksi 13 titik panas yang tersebar pada lima kabupaten wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

"Ada 26 titik panas terpantau hari ini mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 17.00 wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Selasa.

Ke-26 titik panas itu pun langsung diinformasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Sedangkan sehari sebelumnya yang terdeteksi sebanyak 13 titik panas dan tersebar pada lima kabupaten, hari ini telah padam setelah ditangani oleh pihak terkait, sementara 26 titik panas yang terdeteksi hari ini merupakan titik panas yang berada di lokasi berbeda.

"Ada 26 titik panas yang terdeteksi hari ini tersebar di lima kabupaten, yakni 2 titik di Kabupaten Kutai Barat, 12 titik di Kutai Timur, 2 titik di Kutai Kartanegara, 9 titik di Kabupaten Berau, dan 1 titik di Kabupaten Mahakam Ulu," ucap Idham.

Ia merinci sebaran per kabupaten, yakni sembilan titik yang berada di Kabupaten Berau tersebar pada tiga kecamatan, yakni empat titik di Kecamatan Pulau Derawan, empat titik di Kecamatan Sambaliung, dan satu titik di Kecamatan Teluk Bayur.

Kemudian dua titik yang Kabupaten Kutai Barat, keduanya berada di Kecamatan Bongan, selanjutnya dua titik yang di Kutai Kartanegara berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Kenohan.

Untuk 12 titik yang terpantau di Kabupaten Kutai Timur, lanjutnya, tersebar pada enam kecamatan, yakni Telen, Muara Wahau, dan Batu Ampar masing-masing satu titik, Kecamatan Busang dua titik, Kecamatan Rantau Pulung empat titik, Kecamatan Sangkulirang tiga titik.

"Sedangkan satu titik panas yang terdeteksi di Mahakam Ulu berada di Kecamatan Long Pahangai. Semua titik panas yang terdeteksi hari ini memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Idham.
Baca juga: BMKG deteksi delapan titik panas di Provinsi Kaltim
Baca juga: Disbun Kaltim bentuk Kelompok Tani Peduli Api antisipasi karhutla
Baca juga: Polda Kaltim luncurkan aplikasi LembuSwana untuk cegah karhutla

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022