Kami ingin memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut
Banda Aceh (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang menanam sebanyak 5.000 bibit bakau atau mangrove di pesisir pantai Cot Neuhot Jaboi, Kota Sabang, Provinsi Aceh, sebagai upaya untuk menjaga lingkungan serta ekosistem laut.

Pasintel Lanal Sabang Mayor Laut (T) Rudi Amirudin di Kota Sabang, Selasa, mengatakan bibit mangrove tersebut ditanam pada lahan pesisir pantai Jaboi seluas 5 hektare.

"Kami ingin memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut,” kata Rudi.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Babel-pemda tanam 1.000 bibit mangrove

Rudi menyebut kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Mangrove se Dunia, sekaligus momentum HUT ke-77 Republik Indonesia, dengan tema pulih lebih cepat bangkit lebih kuat dan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Sebelumnya Lanal Sabang juga pernah melakukan penanaman mangrove pada 2018. Tujuan penanaman mangrove juga ini diarahkan pada penyiapan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Kata dia, dengan tercapai RAK juang yang tangguh, juga akan menumbuhkan kesadaran pentingnya pelestarian hutan mangrove bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ketahanan wilayah.

Baca juga: DKP Sulsel tanam 20.000 bibit mangrove di Pangkep

"Serta terwujudnya kerjasama yang baik antar komponen bangsa serta terjalinnya kemanunggalan TNI AL dan rakyat," katanya.

Penanaman mangrove kali ini dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi jajaran TNI AL di seluruh Tanah Air, yang terpusat di kawasan Mangrove Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga, Provinsi Banten.

Acara nasional ini mengangkat tema melalui sinergitas penanaman mangrove nasional secara serentak, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program penanggulangan bencana dan perubahan iklim global.

Baca juga: PT Timah lanjutkan program penanaman mangrove di Mentok

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah, katanya.

Selain itu, penanaman mangrove ini juga tercatat sebagai rekor MURI, dan bahkan rekor MURI dunia dengan mencatatkan penanaman bibit mangrove sebanyak 1.000.377 bibit secara serentak di 77 lokasi di Indonesia.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022