Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta terjadi pada Selasa (26/7), mulai dari euforia warga DKI sambut pembukaan JIS hingga seni kontemporer di Museum Macan.

Berikut rangkuman seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Euforia warga DKI sambut pembukaan JIS

Jakarta International Stadium (JIS) secara resmi dibuka pada Minggu (24/7). Kemeriahan pembukaan JIS pun digelar dengan penuh gegap - gempita saat warga DKI Jakarta disuguhi penampilan konser musik artis papan atas Tanah Air dan pertandingan persahabatan antara klub sepak bola Persija melawan Chonburi F.C.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan pun berharap dengan dibukanya JIS sedianya dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan.
Selengkapnya di sini


2. Dodol Betawi, tentang rasa dan kesabaran

Di balik rasa manis dan penampilannya yang terkesan sederhana, ada proses relatif panjang menyita kesabaran. Begitulah kira-kira kesan saat mengetahui pembuatan dodol Betawi, salah satu kuliner khas Jakarta yang masih lestari.

Pegiat usaha dodol Betawi, Satibi mengatakan penganan tersebut membutuhkan empat bahan utama, yakni gula merah, ketan putih, santan dan air. Gula merah dia dapatkan langsung dari petani di Purwokerto, Jawa Tengah. Gula ini dicairkan lalu disaring ampasnya sebelum dicampur bahan lain.
Selengkapnya di sini


3. Suku Dinas KPKP Jaksel tangkap hewan liar antisipasi cacar monyet

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menangkap hewan liar untuk mengantisipasi penyebaran penyakit cacar monyet menyusul keputusan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan penyakit itu sebagai darurat kesehatan global.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan mengatakan, pihaknya sudah berupaya menangkap monyet liar, yang nantinya dilepasliarkan di alam atau habitatnya.
Selengkapnya di sini


4. Kritik sosial lewat seni kontemporer di Museum Macan

Museum Macan, mendengar nama ini pasti kita membayangkan sebuah museum yang menampilkan berbagai hewan sejenis kucing besar dan buas menakutkan atau seputar tentang "permacanan" dari mulai macan yang diawetkan, patung replika macan hingga sejumlah macan lainnya.

Namun, museum tersebut sangatlah jauh dari bayangkan kita. Bahkan apa yang ditampilkan sama sekali tidak berhubungan dengan hewan karnivora ganas tersebut.
Selengkapnya di sini

5. Kolam Gizi, model sederhana ketahanan nasional
Ruang Publik Terbuka Ramah Anak atau RPTRA tidak hanya menyediakan masyarakat udara bersih saat berolahraga ataupun ruang bermain anak yang ramah dan menyenangkan. Namun, RPTRA kini memiliki fungsi lain, yakni menjadi ruang untuk membudidayakan ikan lele.

"Kolam gizi", begitulah namanya merupakan sebuah program yang didukung oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di level masyarakat.
Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022