Lubukbasung (ANTARA) - Satu buaya muara (Crocodylus porosus) dilaporkan menyerang seorang penumpang sepeda motor di Jorong Muaro Putih, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Nagari Tiku Lima Jorong Anaswar di Lubukbasung, Rabu, menuturkan bahwa pada Selasa (26/7) sekitar pukul 20.00 WIB buaya muara menyerang seorang warga Padang Cabai bernama Wati (50) sehingga kaki kanannya terluka.

Buaya itu menyerang Wati saat dia membonceng sepeda motor yang dikendarai oleh suaminya, Das (54), dari rumah mereka di Padang Cabai menuju ke Pasar Muaro Putih.

"Jalan itu merupakan akses yang sering dilalui korban menuju Muaro Putih dan daerah lain," kata Anaswar.

Anaswar mengatakan bahwa kaki kanan Wati terluka karena digigit buaya.

"Korban sempat mendapat perawatan di Puskesmas Muaro Putih setelah diserang buaya muara itu," katanya, menambahkan, korban diperbolehkan kembali ke rumah setelah mendapat pertolongan medis di puskesmas.

Anaswar sudah melaporkan kejadian serangan buaya di wilayahnya ke Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Maninjau.

Kepala Resor KSDA Maninjau Ade Putra mengatakan bahwa laporan mengenai serangan buaya yang terjadi di Nagari Tiku Lima Jorong sudah diteruskan ke Tim Wildlife Rescue Unit Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat agar bisa ditindaklanjuti.

Sebelumnya, buaya juga dilaporkan menyerang seorang warga di Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara.

Menurut Anaswar, seorang warga Labuhan yang bernama Sifa (13) diserang buaya saat membonceng sepeda motor yang dikendarai oleh ayahnya di Jembatan Air Baru pada 30 Maret 2022.

"Ini kejadian warga diserang buaya saat di atas motor yang kedua kalinya selama 2022," katanya.

Baca juga:
Buaya serang siswa SD di Agam
Serangan buaya tewaskan seorang nelayan di Banyuasin

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022