Untuk mendorong peningkatan investasi hulu migas, saya minta agar Menteri ESDM dan juga Menteri Investasi merumuskan langkah-langkah yang dapat memberikan daya tarik fiskal bagi investor
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin minta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral serta Menteri Investasi merumuskan langkah-langkah yang dapat memberikan daya tarik fiskal bagi investor, guna meningkatkan investasi hulu migas.

"Untuk mendorong peningkatan investasi hulu migas, saya minta agar Menteri ESDM dan juga Menteri Investasi merumuskan langkah-langkah yang dapat memberikan daya tarik fiskal bagi investor," kata Wapres dalam Forum Kapasitas Nasional II Tahun 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan harga minyak dunia sudah menyentuh 117 dolar AS per barel dan harga gas 90 dolar AS per MMBTU, sehingga saat ini merupakan momentum terbaik untuk menarik investasi asing di hulu migas.

"Apabila ada perizinan yang menghambat, agar dipangkas," kata Wapres.

Dia mengingatkan peningkatan investasi dan kegiatan hulu migas memiliki peran penting agar aktivitas perekonomian di sektor migas dan berbagai sektor lain dapat kembali berjalan normal.

Selain itu, dia juga meminta semua pihak bersinergi dalam peningkatan produksi dalam negeri melalui berbagai dukungan seperti pendanaan, peningkatan kapasitas teknologi dan kualitas tenaga kerja, percepatan proses sertifikasi, maupun berbagai aturan yang mendukung peningkatan produksi dalam negeri.

"Beberapa program yang sudah dijalankan dalam industri hulu migas termasuk business match making antara penyedia barang dan jasa, KKKS, dan UMKM agar terus dilakukan untuk memberikan kontribusi yang maksimal terhadap pemanfaatan produk dalam negeri sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri," katanya.

Baca juga: Wapres: Optimalkan pemanfaatan komponen dalam negeri di industri migas

Baca juga: SKK Migas gelar Forum Kapasitas Nasional pada 27-28 Juli 2022

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022