Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore ditutup melemah di tengah pelaku pasar yang menanti pengumuman hasil rapat bank sentral AS The Fed.

Rupiah ditutup melemah 17 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp15.010 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.993 per dolar AS.

"Hari ini rupiah memang terlihat melemah, tapi sebenarnya masih relatif stabil dan bergerak di kisaran Rp15.000," kata Ekonom Senior Mirae Asset Rully Arya Wisnubroto saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Menurut Rully, pergerakan rupiah masih lebih banyak dipengaruhi oleh faktor global di mana pelaku pasar masih menunggu hasil Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) besok.

"Pasar memperkirakan akan naik 75 bps, tapi yang paling penting dan ditunggu adalah guidance ke depan, akan seberapa agresif The Fed masih menaikkan suku bunga untuk mengatasi inflasi yang sangat tinggi," ujar Rully.

The Fed diperkirakan akan memberikan kenaikan suku bunga yang cukup besar lagi ketika mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari pada Rabu waktu setempat.

Investor menunggu kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve 75 basis poin pekan ini, dengan pasar memperkirakan sekitar 10 persen risiko kenaikan yang lebih besar.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.997 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.978 per dolar AS hingga Rp15.029 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu melemah ke posisi Rp15.020 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.984 per dolar AS.

Baca juga: Dolar menguat jelang keputusan suku bunga Federal Reserve AS
Baca juga: Emas melemah 1,40 dolar AS, tertekan oleh "greenback" yang lebih kuat
Baca juga: Wall Street jatuh, peringatan laba Walmart menakuti investor

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022