Jakarta (ANTARA) - Sebagian warga RW 08 Kampung Baru, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, mengaku belum mendapat sosialisasi terkait penutupan Jembatan Kapin pada Kamis (28/7).

Salah satu warga setempat, Adi (42) mengatakan, dirinya belum mendapat sosialisasi terkait penutupan Jembatan Kapin yang berada di Jalan Laksamana Malahayati, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Jujur terkait informasi penutupan jembatan ini kami dari warga sebenarnya belum tahu. Malah baru tahu ini ini juga, kami tahunya penutupan jembatan ini juga dari omong-omongan warga aja yang kiranya di sini tidak ada sosialisasi," kata Adi di Jakarta, Rabu.

Adi mengatakan, spanduk terkait pemberitahuan rencana penutupan Jembatan Kapin juga baru dipasang di lokasi tadi siang.

"Ya jadinya di sini ada protes juga lah dari warga terkait penutupan jalan jembatan kabin ini," ujar Adi.

Baca juga: Pemkot Jaktim tutup Jembatan Kapin malam ini

Dia mengatakan, Jembatan Kapin merupakan akses penting bagi warga sekitar terutama anak-anak sekolah. Apabila jembatan itu ditutup, warga harus menempuh jarak yang lebih jauh untuk beraktivitas.

"Kebetulan juga warga kami ini kan ada yang sekolah ke Pondok Kelapa dan memang mereka harus melewati Jembatan Kapin ini ya kalau tertutup kan mau nggak mau muter jauh," tutur Adi.

Dia mengatakan bahwa kepadatan kendaraan di lokasi tersebut hanya terjadi saat pagi hari ketika jam berangkat kerja dan siang hari saat jam pulang sekolah.

Warga sekitar pun berharap Pemerintah Kota Jakarta Timur memberikan solusi lain terkait penutupan Jembatan Kapin tersebut.

"Ya kalau saya pribadi solusinya itu baiknya dibuatin aja jalan buat motor terus juga diberi kayak itu mas rambu lampu lalu lintas yang warna kuning," kata Adi.

Baca juga: Rawan kecelakaan, Pemkot Jaktim tutup Jembatan Kapin di Pondok Kelapa

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Fahrozi (45) yang sehari-hari bekerja sebagai juru parkir. Dia mengatakan, baru tahu perihal penutupan Jembatan Kapin dari pemberitaan media.

"Mana ada sosialisasi. Tahunya dari wartawan," ujar Fahrozi.

Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) menutup akses Jembatan Kapin di Jalan Laksamana Malahayati, Pondok Kelapa, Duren Sawit.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan, pihaknya telah memberikan sosialisasi terkait penutupan Jembatan Kapin kepada masyarakat sekitar.

"Mulai malam nanti kita tutup. Sehingga pada Kamis (28/7) pagi kendaraan tidak bisa lagi melintas di jembatan tersebut. Untuk memutar arah, kendaraan harus melalui U Turn yang lokasinya tidak jauh dari jembatan," kata Kusmanto.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022